Malam Lailatul Qadar, Berikut Ciri dan Keistimewaan dari Malam 1000 Bulan Ini!

  • Share
Malam Lailatul Qadar
Malam Lailatul Qadar
Lailatul Qadar merupakan sebuah malam yang memiliki kemuliaan dan keutamaan melebihi 1000 bulan atau 30 ribu malam yang setara dengan 83,33 tahun. Malam ini merupakan malam yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua umat islam. Biasanya malam ini terjadi hanya sekali, yakni bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

Sebagai manusia, kita tidak akan pernah tau pasti kapan malam Lailatul Qadar itu akan datang karena itu merupakan rahasia Allah yang ditujukan kepada mereka yang bertakwa dan selalu istiqamah dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Namun biasanya malam Lailatul Qadar atau malam yang lebih baik dari 1000 bulan itu akan datang tepat pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan. Terutama pada malam-malam ganjil seperti 21, 23, 25, 27, dan 29.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar
Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Secara tidak langsung, Lailatul Qadar adalah malam di bulan Ramadhan yang lebih baik dari seribu bulan. Jadi jika Anda beribadah kepada Allah bertepatan dengan malam Lailatul Qadar tersebut, maka Allah akan melipatgandakan pahala tersebut seperti halnya kamu beribadah lebih dari 1000 bulan lamanya.

Sebagaimana penjelasan soal malam Lailatul Qadar ini juga tertuang dalam kitab suci Al-Qur’an yakni dalam surat Al Qadr yang artinya:

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”(QS. Al-Qadr: 1-3).

Lantas, kapan sebenarnya malam Lailatul Qadar itu akan turun?

Sebagaimana mengutip dari laman Kemenag, tidak ada penjelasan pasti kapan malam Lailatul Qadar akan tiba. Hal itu menjadi rahasia Allah SWT yang tidak seorang pun mengetahui. Jika Anda termasuk dalam golongan orang yang beruntung, maka Anda pasti akan mendapatkan malam kemuliaan tersebut.Namun begitu, sebagai manusia kita hanya bisa melihat tanda-tanda saat malam Lailatul Qadar itu akan turun ke muka bumi untuk memberikan rahmat kepada mereka yang bertakwa. Berikut ini tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar sebagaimana mengutip dari buku Tanya Jawab Islam karya PISS KTB.

Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

Bulan Terlihat Separuh

Sebagai salah satu tanda datangnya malam Lailatul Qadar adalah bulan yang muncul pada malam tersebut nampak separuh dan tidak berukuran penuh.

Malamnya Tidak Panas

Pada malam turunnya lailatul qadar biasanya akan terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang, dan indah.

Beribadah Lebih Khusyuk

Orang yang beribadah pada malam lailatul qadar akan khidmat dan lebih khusyuk. Muncul ketenangan hati dan kenikmatan bermunajat kepada Allah tidak seperti malam-malam lainnya.

Mimpi Hal yang Baik-Baik

Pada malam lailatul qadar orang-orang yang menjalankan ibadah akan bermimpi baik. Mimpi-mimpi ini seperti yang dialami sahabat nabi.

Udara dan Suasana Pagi yang Tenang

Lailatul Qadar adalah malam yang tenang dan tenteram, suhu udaranya tidak terlalu panas dan dingin. Saat pagi matahari terbit dengan sinar lemah berwarna merah. Angin saat malam ini juga tenang dan tidak berhembus kencang dan tidak ada petir.

Cahaya Matahari Cerah

Cahaya matahari cerah namun tidak terik. Hal ini biasanya terjadi pada malam lailatul qadar, keessokan harinya matahari akan terbit hingga tinggi tanpa sinar.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.