Hati-Hati Mengakses Situs SocialSpy WhatsApp, Jika Tidak Ingin Hal ini Terjadi!

  • Share
Hati Hati Mengakses Situs SocialSpy WhatsApp
Hati Hati Mengakses Situs SocialSpy WhatsApp

Belakangan ini marak perbincangan tentang sebuah situs yang diklaim dapat menyadap WhatsApp orang lain, seperti halnya pacar, teman atau bahkan target lain Anda. Situs ini bernama SocialSpy WhatsApp yang banyak orang sebut bisa mengetahui isi percakapan WhatsApp orang lain dengan hanya memasukkan nomor WhatsApp target.

SocialSpy WhatsApp
SocialSpy WhatsApp

Apakah semudah itu situs tersebut dapat membaca isi percakapan orang lain yang WhatsApp sendiri tidak bisa membacanya. Karena sudah diketahui bersama bahwa WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang paling aman dengan sistem enkripsi end-to-end. Sistem enkripsi ini hanya dapat diketahui oleh mereka yang melakukan percakapan yang WhatsApp sendiri tidak bisa mengaksesnya.

Narasi tentang situs SocialSpy WhatsApp yang mengklaim bahwa dapat menyadap WhatsApp orang lain dengan hanya memasukkan nomor mereka tidaklah benar. Hal ini sebagaimana hasil percobaan yang dilakukan oleh detikINET bahwa situs tersebut ngawur dan bukanlah sebuah situs yang diklaim kebanyakan orang saat ini.

Saat Anda membuka halaman awal situs SocialSpy, Anda hanya diminta memasukkan nomor telepon target (orang yang mungkin Anda sadap), lengkap dengan kode Negara. Lalu setelah itu pengguna harus menyelesaikan verifikasi untuk membuktikan dirinya bukan bot. Tahap ketiga atau terakhir, percakapan target tersebut sudah bisa Anda ketahui.

Namun alhasil semua petunjuk tersebut tidak benar. Sebenarnya, tanpa perlu menjajal layanannya pun, apa yang ditawarkan SocialSpy ini jelas tak mungkin terjadi. Karena WhatsApp sendiri sudah mengklaim bahwa tidak akan ada yang bisa melihat isi percakapan orang lain, karena dengan sistem enkripsi end-to-end akan lebih menjaga keamanan isi percakapan pengguna.

Dari percobaan tersebut, situs SocialSpy pun menampilkan animasi seolah-olah sedang “loading”, saat mengklik tombol Submit. Jadi seakan-akan mengakses server, loading data, dan lain sebagainya. Kemudian situs tersebut akan meminta verifikasi untuk membuktikan kalau kita bukan bot. Langkah verifikasi yang dimaksud di sini adalah mengisi survei-survei yang aneh. Oh ya, laman verifikasi ini bukan lagi berada di alamat SocialSpy, melainkan diarahkan ke situs cpabuild, yang merupakan situs pengumpul klik, di mana anggotanya akan dibayar sesuai dengan jumlah klik ke tautannya.

Jadi sudah jelas, bahwa situs ini hanyalah “Scam” yang memanfaatkan hasil klik orang lain untuk mengumpulkan¬† pundi-pundi rupiah dari hasil klik tersebut.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.