Tidak Banyak Tahu, Makan Buah-Buahan ini bisa Menjaga Kesehatan Ginjal!

  • Share
Buah Yang Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal
Buah Yang Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga kesehatan Ginjal merupakan hal penting dalam tubuh. Pasalnya Ginjal merupakan salah satu organ yang berada di bagian bawah tulang rusuk belakang tubuh manusia. Walaupun hanya berukuran layaknya satu kepalan tangan, namun Ginjal menjadi bagian tubuh yang sangat penting dan wajib Anda jaga kesehatannya. Karena jika Ginjal sampai mengalami kerusakan atau gangguan, maka organ tubuh lain akan merasakan dampaknya.

Salah satu fungsi utama Ginjal dalam organ tubuh adalah membersihkan darah dari senyawa beracun pada tubuh sebelum akhirnya mengalir ke seluruh bagian tubuh. Setelah itu, segala hal yang perlu dibuang tersebut kemudian dikeluarkan melalui urin.

Bukan hanya itu, kehadiran Ginjal berperan menghasilkan berbagai hormon yang membantu produksi sel darah merah eritropoietin dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Bahkan sel darah merah eritropoietin juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah.

Namun tahukah Anda jika dengan mengkonsumsi buah, maka akan dapat menjaga kesehatan ginjal. Lantas, Buah apa saja yang memiliki khasiat dapat menjaga kesehatan ginjal Anda jika dikonsumsi dengan rutin?

Daftar Buah yang Bisa Dikonsumsi untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Sebagaimana mengutip dari cewekbanget.id, ada 4 buah yang diklaim memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal yang bisa kita konsumsi, diantaranya adalah:

Nanas

Buah Nanas
Buah Nanas

Buah Nanas memiliki manfaat menjaga kesehatan ginjal agar tetap kuat dan terlindungi. Jadi dengan hanya dengan makan nanas, Anda bisa menjaga ginjal agar tetap berfungsi dengan prima. Nanas baik untuk ginjal karena kaya akan serat dan bromelanin yang berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah penurunan fungsi ginjal.

Apel

Buah Apel
Buah Apel

Buah lezat yang bisa ditemukan di berbagai supermarket ini ternyata bisa menjaga kesehatan ginjal. Hal ini disebabkan karena apel termasuk buah rendah kalium yang aman untuk ginjal. Selain itu kandungan serat pada apel juga ampuh menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah. Buah Apel yang merupakan sumber vitamin C juga kaya antioksidan, baik untuk tubuh.

Blueberry

Buah Blueberry
Buah Blueberry

Tidak hanya mengandung antioksidan, blueberry juga termasuk buah rendah kalori yang kaya serat dan vitamin C. Serat dan vitaminnya dapat menjaga kesehatan ginjal dengan baik. Selain itu, para ilmuwan juga telah meneliti potensi buah ini untuk mencegah kanker hingga menjaga kesehatan jantung. Bahkan Blueberry juga disebut bermanfaat untuk kesehatan otak.

Buah Ceri

Buah Ceri
Buah Ceri

Buah ceri mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, magnesium, dan sitrat yang baik untuk ginjal. Faktanya, semakin asam buah ceri, kadar sitrat pada buah tersebut juga semakin tinggi. Perlu Anda tahu, Sitrat dapat mengurangi asam urat dalam aliran darah sehingga mempermudah fungsi ginjal untuk mengendalikan keasaman tubuh. Jangan lupa untuk konsumsi empat buah tadi agar ginjal tetap sehat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.