7 Jenis Makanan yang Cepat Membakar Kalori dalam Tubuh Anda

  • Share
Makanan Pembakar Kalori Dalam Tubuh
Makanan Pembakar Kalori Dalam Tubuh

Sumber energi dalam tubuh berasal dari Kalori yang diperoleh dari hasil makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh melalui proses metabolisme. Energi tersebut kemudian digunakan untuk mendukung kinerja dan fungsi berbagai organ yang ada dalam tubuh. Selanjutnya sisa kalori yang tidak diubah menjadi energi akan disimpan dalam tubuh sebagai jaringan lemak.

Jika kalori yang disimpan menjadi lemak terlalu banyak, maka hal ini akan berpengaruh besar pada pengembangan tubuh Anda yang lama-lama akan menjadi gemuk. Ini hal yang harus Anda waspadai, agar tidak terjadi penumpukan lemak dalam tubuh.

Terkadang, olahraga meski dengan penuh keringat tidaklah cukup untuk mencapai target pembakaran lemak pada tubuh Anda. Sehingga banyak terjadi, meski rajin berolahraga namun tubuh Anda tetap dipenuhi lemak yang cukup banyak. Namun begitu, selain berolahraga ternyata ada beberapa jenis makanan yang berfungsi untuk membakar kalori setelah dikonsumsi atau akan membantu anda merasa kenyang lebih lama.

7 Jenis Makanan yang Cepat Membakar Kalori dalam Tubuh

Keju Cottage

Keju Cottage
Keju Cottage

Makanan ini akan baik untuk Anda makan sebelum tidur. Jika waktu tidur Anda malam hari tidak mencukupi, biasanya Anda akan cenderung mengkonsumsi kalori secara berlebihan sepanjang hari. Keju Cottage ini kaya akan kasein, sejenis protein yang dilepaskan perlahan, yang akan membantu aktivitas tidur.

Selai Kacang

Selai Kacang
Selai Kacang

Meski anda harus berhati-hati dalam porsi penyajiannya, selai kacang mengandung banyak kolesterol penurun lemak tak jenuh. Ia juga mengandung fenilalanin, sejenis asam amino yang mengurangi nafsu makan dan mendorong pembakaran lemak yang lebih besar.

Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Meski tidak banyak tahu, bawang putih memiliki pembangkit aroma super kuat yang tidak hanya membuat makanan anda lebih menarik. Akan tetapi bawang putih akan memerangi lemak dengan kandungan alicin-nya, senyawa kimia sama yang membuat bawang putih memiliki rasa dan aroma sangat kuat.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Minyak Zaitun memang mengandung lemak, tetapi berupa lemak sehat yang akan menurunkan kadar lemak jenis lainnya yang memicu peradangan. Dengan berinvestasi pada minyak zaitun ekstra virgin, anda akan mendapatkan manfaat dari oleochental, yang akan mengurangi peradangan, seperti yang dilakukan ibuprofen.

Teh Hijau

Teh Hijau
Teh Hijau

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan melindungi tubuh terhadap pertumbuhan jenis kanker tertentu. Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa epigallocatechin gallate dalam jumlah yang cukup banyak. Senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh.

Makanan Tinggi Serat

Makanan Tinggi Serat
Makanan Tinggi Serat

Makanan yang kaya akan serat, seperti oatmeal dan beras merah, dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan. Oleh karena itu, makanan berserat sangat baik dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Telur

Telur
Telur

Telur masuk ke dalam daftar makanan pembakar lemak yang dapat Anda konsumsi. Penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi sarapan yang mengandung telur dapat mengurangi rasa lapar dan membantu proses pembakaran lemak. Bahkan tak sampai di situ saja, kandungan protein yang tinggi dalam telur juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.