Mengenal Tanda-Tanda dan Gejala Hepatitis Akut pada Anak

  • Share
Tanda Tanda Hepatitis Akun Pada Anak
Tanda Tanda Hepatitis Akun Pada Anak

Hepatitis merupakan salah satu penyakit yang berupa peradangan hati atau liver yang terjadi pada manusia. Mengutip dari laman aladokter, Hepatitis merupakan kondisi yang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari infeksi virus, kebiasaan mengonsumsi alkohol, penggunaan obat-obatan tertentu, penyakit autoimun, dan infeksi cacing hati. Ingta, jika disebabkan oleh infeksi virus, maka hepatitis ini bisa menular ke orang lain.

Hepatitis biasanya ditandai dengan gejala berupa demam, nyeri sendi, sakit perut, dan penyakit kuning. Kondisi ini bisa berlangsung selama 6 bulan (akut) atau lebih dari 6 bulan (kronis). Namun baru-baru ini muncul kabar, bahwa Hepatitis akut mulai menyerang pada anak-anak. Lantas, apa gejala dan tanda-tanda tentang penyakit Hepatitis Akut yang biasanya menyerang pada anak-anak? Berikut ini, beberapa penjelasan dari berbagai sumber yang sudah penulis rangkum.

Mengenal Tanda-Tanda dan Gejala Hepatitis Akut pada Anak

Penyakit hepatitis akut pada anak ini sifatnya masih misterius hingga saat ini. Pertama kalinya, Hepatitis Akut ditemukan di Inggris Raya pada 5 April 2022. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui bahwa hingga kini belum bisa dipastikan penyebab dari hepatitis akut misterius yang terjadi pada anak-anak. WHO pun telah menyatakan kejadian luar biasa (KLB) pada kasus hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika, Asia bahkan Menteri Kesehatan juga menyampaikan bahwa sebagian sudah masuk ke Indonesia.

WHO juga mengatakan bahwa penyakit hepatitis akut misterius menyerang anak-anak terutama di bawah usia 10 tahun. Bahkan 17 dari 170 anak dengan hepatitis akut misterius membutuhkan transplantasi hati.

Sementara itu, di Indonesia sendiri terdapat 3 dugaan kasus pasien anak hepatitis akut misterius yang sudah meninggal setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo pada 30 April 2022 kemarin. Berita ini juga sudah dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia, Budi Gunadi Sadikin.

Budi juga menjelaskan bahwa virus yang menyebabkan penyakit hepatitis akut menular lewat asupan makanan atau melalui mulut. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk rajin cuci tangan dan memastikan kebersihan dari makanan yang masuk ke mulut.

Berikut Tanda-Tanda dan Gejala Hepatitis Akut Menurut Kemenkes

Gejala awal

  • Mual
  • Muntah
  • Diare berat
  • Demam ringan

Gejala lanjut

  • Urine berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat
  • Warna mata dan kulit menguning
  • Ganggguan pembekuan darah
  • Kejang
  • Kesadaran mulai menurun

Jika anak mengalami gejala-gejala tersebut, orang tua diminta segera memeriksakan anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis awal. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.