Cara Mudah Menghubungkan Google Form ke Google Spreadsheet

Share

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki oleh Google Form adalah dapat menghubungkan dengan Google Spreadsheet atau Google Sheet. Google Form merupakan sebuah layanan Google yang memudahkan pengguna dalam membuat survei kuesioner, formulir, atau semacamnya.

Google Spreadsheet atau Sheet adalah software atau perangkat lunak berbasis web milik Google, untuk membuat tabel, perhitungan sederhana, atau pengolahan data. Satu hal yang membedakan dari software sejenis seperti Microsoft Excel atau Numbers dari Apple adalah kemudahannya dalam melakukan kolaborasi antarpengguna. Dan salah satunya bisa menghubungkannya dengan Google Form.

Dengan Google Form inilah Anda dapat mengumpulkan data secara lebih mudah, yakni hanya dengan membagikan link yang Anda buat kepada orang lain atau responden Anda. Baru setelah semua data terkumpul dalam Google Form, Anda dapat melakukan filter data di media lain untuk memudahkan kebutuhannya.

Misalnya saja hasil dari Google Form akan diketik ulang pada dokumen tertentu sebagai bahan rekapan atas banyak data yang sudah terkumpul. Akan tetapi, sebagai cara paling mudahnya Anda dapat menghubungkan secara langsung dari Google Form tersebut ke Google Sheet yang kemudian dapat Anda download menjadi bentuk MS. Excel. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan Anda dalam mengolah data-data yang Anda terima dari responden.

Nah untuk itu, berikut ini cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghubungkan secara langsung Google Form dengan Google Sheet yang keduanya sama layanan Google yang bisa pengguna akses secara gratis.

Cara Mudah Menghubungkan Google Form ke Google Spreadsheet

Untuk menghubungkan Google Form ke Google Sheet, maka Anda harus memiliki Google Form terlebih dahulu. Begini cara membuatnya:

  1. Buat Formulir terlebih dahulu melalui laman docs.google.com/forms.
  2. Klik pada icon + (Tambah), kemudian isi formulir sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Setelah selesai membuat, Silahkan beralih pada tab “Responses” Klik ikon Google Sheet berwarna hijau pada pojok kanan.
  4. Pilih “Create a new spreadsheet” Masukkan nama spreadsheet Anda, lalu Klik “Buat
  5. Nantinya Google Sheet akan menampilkan data dari responden yang Anda minta sesuai format yang telah Anda buat sebelumnya.

    Menghubungkan GForm Ke Sheet

    Menghubungkan GForm Ke Sheet

Namun perlu Anda ketahui bahwa sebelum menyebarluaskan ke banyak responden, Anda dapat memastikan terlebih dahulu Google Form dan Spreadsheet sudah terhubung. Caranya dengan mencobanya mengisi kuisioner Anda sendiri, kemudian lihat hasilnya pada Google Sheet Anda.

Cara Mengubah Google Spreadsheet Menjadi Excel

Cara ini dapat Anda gunakan setelah Anda memiliki data pada Google Sheet. Anda dapat mengubahnya menjadi file Excel untuk dapat Anda olah kembali dengan lebih mudah. Berikut caranya:

  1. Buka Google Spreadsheet, lalu cari nama Sheet yang tadi sudah Anda hubungkan dengan Google Form.
  2. Selanjutnya klik pada File => Download
  3. Kemudian pilih Microsoft Excel (.xlsx). Maka semua data yang ada pada Google Sheet Anda, sudah bisa Anda edit secara langsung melalui Microsoft Excel.

    Download Google Sheet

    Download Google Sheet

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Avatar photo

Budi Van Dijk

Lucas Budi Van Dijk, geek teknologi dan gadget, ngasih insight soal dunia digital dengan gaya santai. Di blog dan sosmed, dia ulas gadget terbaru, kasih tips, dan bahas dampak teknologi. Lucas juga peduli sama balance antara digital dan alam, sering 'disconnect' buat nikmatin alam. Cerita Lucas bukan cuma soal gadget, tapi gimana teknologi bikin hidup kita lebih baik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *