Cara Backup Kontak Secara Otomatis, Bahkan Saat Anda Baru Saja Menyimpannya!

Cara Backup Kontak Secara Otomatis
Cara Backup Kontak Secara Otomatis

Kontak menjadi hal penting untuk dapat terhubung dengan seseorang melalui jaringan ponsel. Bagaimana tidak, tanpa adanya kontak telepon, Anda akan kehilangan banyak akses pada teman, kerabat atau bahkan kolega kerja bisnis Anda. Dalam sebuah kontak biasanya berisi hal-hal penting yang bisa membuat Anda terhubung kepada orang lain. Seperti halnya Nomor Telepon, Alamat Email, ID ataupun lainnya.

Cara Backup Kontak Secara Otomatis Di Android
Cara Backup Kontak Secara Otomatis Di Android from bukandroid

Pada zaman yang semakin canggih dengan ponsel pintar saat ini, Anda jangan sampai kehilangan akses pada kontak-kontak yang tersimpan pada ponsel Anda. Terutama jika ponsel Anda secara tiba-tiba hang, blank atau bahkan hilang dicuri oleh orang lain. Maka dari itu, karena kontak merupakan hal penting untuk dapat terhubung dengan orang lain, maka sudah saatnya Anda dapat membuat penyimpanan ganda pada kontak telepon Anda.

Kontak telepon tidak hanya dapat Anda simpan pada ponsel yang Anda pegang setiap saat, melainkan Anda dapat menyimpan pada sebuah tempat yang aman bahkan ketika ponsel Anda sedang tidak ada, yakni melalui penyimpanan cloud. Cloud merupakan penyimpanan online yang bisa Anda akses menggunakan perangkat apapun (tidak hanya ponsel) untuk dapat membuka kontak yang sudah Anda simpan.

Oleh karenanya, dalam tips dan trik kali ini, Penulis akan memberikan beberapa langkah yang nantinya dapat bermanfaat untuk menyimpan kontak telepon Anda pada penyimpanan kedua yang lebih aman. Anda dapat mengaktifkan layanan Sinkronisasi Otomatis pada kontak yang Anda simpan ponsel Anda juga tersimpan secara otomatis ke layanan Cloud/Drive Anda.

Ini akan menjadi sangat bermanfaat jika Anda tiba-tiba kehilangan akses pada ponsel Anda saat ini. Anda dapat mengembalikan kontak Anda secara otomatis yang lengkap tanpa khawatir kehilangan akses pada semua kontak Anda.

Cara Backup Kontak Secara Otomatis

Melakukan backup kontak secara otomatis berarti Anda harus mengaktifkan layanan penyimpanan otomatis yang tersedia pada ponsel Anda. Secara default, untuk ponsel Anda mendukung layanan sinkronisasi pada layanan Drive milik Google sendiri. Hal ini bisa Anda aktifkan gunakan untuk memberikan layanan penyimpanan kedua pada kontak yang Anda simpan ke ponsel Anda.

Berikut ini cara mudah jika Anda ingin kontak yang Anda simpan pada ponsel Anda juga tersimpan pada Drive akun Google Anda.

  1. Pastikan bahwa Anda memiliki satu akun Google yang aktif yang sudah terverifikasi. Hal ini untuk memberikan keamanan ganda pada akun Anda jika Anda suatu saat tidak dapat membuka akun anda karena lupa Password ataupun lainnya.
  2. Coba lakukan cara menyimpan kontak Anda seperti biasanya dengan cara buka aplikasi Telepon (logo Gagal Telepon), kemudian ketikkan nomor ponsel yang ingin Anda simpan.
  3. Selanjutnya buat Kontak Baru, Isikan Nama Kontak seperti biasanya. Kemudian pada Lokasi Penyimpanan, pilih akun Google Anda.
  4. Jika Anda memiliki akun Google lebih dari satu ponsel Anda, silahkan tentukan akun mana yang ingin Anda gunakan.
  5. Setelah selesai klik Simpan. Maka secara otomatis kontak yang Anda simpan akan tersimpan pada Ponsel Anda dan juga akun Google Anda.

Untuk memastikannya, bahkan kontak yang Anda Simpan tersebut juga tersimpan pada akun Google Anda, Anda dapat mengunjungi contacts.google.com untuk melihat kontak Anda melalui browser. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.