Cara Mudah Mengatasi Google Drive Tidak Dapat Mengunduh File

Google Drive Download Limit Error
Google Drive Download Limit Error

Salah satu masalah terbesar pengguna Google Drive adalah tidak bisa mengunduh ataupun mendownload file terutama yang dibagikan oleh orang lain. Bagian dari salah satu penyebabnya adalah karena Limit. Biasanya limit tersebut ditunjukkan dengan munculnya notifikasi pada bagian kiri bawah Google drive yang menampilkan “Sorry, you can’t view or download this file at this time”.

Masalah ini kerap sekali pengguna temukan terutama untuk mendownload file-file penting yang biasanya untuk kepentingan orang banyak. Karena kita masuk pada bagian terakhir, akhirnya malah tidak dapat mendownload file tersebut dengan alasan limit download sudah melebihi batas.

Limit download ini biasanya muncul pada file yang tersimpan di Google Drive yang disebarluaskan untuk agar orang lain dapat mendownloadnya. Kemudian, jika terlalu banyak orang yang mengunduh dalam waktu yang berdekatan, maka orang lain setelahnya tidak akan lagi dapat mendownloadnya sehingga harus menunggu keesokan harinya.

Lantas, bagaimana jika file tersebut sangat penting dan Anda harus mendownloadnya saat ini juga? Anda tidak perlu khawatir, berikut ini Penulis akan memberikan panduan dan trik khusus agar Anda tetap dapat mendownload file tersebut meski sudah muncul limit Download.

Cara Mengatasi Google Drive Tidak Dapat Mengunduh File

#1 Membuat Salinan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan jika mendapatkan masalah tersebut adalah dengan membuat Salinan File atau Make a a Copy.

  1. Buka Google Drive yang berisi file tersebut melalui browser, kemudian, klik kanan file tersebut atau klik ikon titik tiga dan pilih ‘Make a copy‘.
  2. Make A Copy
    Make A Copy
  3. Maka Anda akan memiliki file salinan. Buat link file salinan dengan klik kanan file tersebut, kemudian pilih ‘Share‘ atau Anda dapat secara langsung mendownload file salinan tersebut.

#2 Membuat Folder

Jika cara pertama tidak memberikan hasil yang maksimal kepada Anda, Anda bisa bisa menggunakan cara yang kedua untuk bisa mendownload file tersebut yang sudah muncul notif limit download.

  1. Buka Google Drive terlebih dahulu, kemudian buat Folder baru dengan cara klik ikon ‘+‘, pilih “Buat Folder Baru“, atau klik kanan halaman Google Drive, kemudian Buat Folder Baru.
    Membuat Folder
    Membuat Folder
  2. Kemudian, buka file yang tidak bisa Anda download, ganti URL file tersebut di mana kata uc diubah menjadi open dan kemudian tekan Enter. Misalnya, URL awal adalah https://drive.google.com/uc?id=…….. Diubah menjadi https://drive.google.com/open?id=……
    Mengubah URL Google Drive
    Mengubah URL Google Drive from petunjuk.id
  3. Nantinya, akan terbuka file dengan URL baru tersebut. Ingat!!! Jangan download file tersebut, melainkan buat shortcut-nya dan simpan pada folder Google Drive yang sudah ANda buat dengan cara Klik Add shortcut to Drive dan tekan ikon ‘+‘ lalu cari folder tersebut.
  4. Setelah masuk pada Folder tersebut, Klik kanan file shortcut lalu pilih ‘Make a copy‘ untuk membuat file salinan baru.
  5. Terakhir Unduh file salinan tersebut dengan cara klik kanan pilih Download.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

tekken 3 game download

mx player download for pc mx player for windows pc

ITACrack

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.