19 October 2022

Pengujian Terbaru Intel Core i9-13900KF Capai Clock Speed Hingga 6,2 GHz

Sebuah pengujian dilakukan pada Intel Core i9-13900KF mencatat rekor muri dengan clock speed hingga 6,2 GHz. Hal ini dilakukan oleh salah seorang anggota OCN dengan menggunakan pendinginan All-In-One (Corsair iCUE H150I RGB Elite) yang dikombinasikan dengan bingkai kontak CPU Thermal Grizzly. Sistem ini dilengkapi dengan memori G.Skill DDR5-6000 CL36 dan telah diuji dengan perangkat lunak Cinebench dan 3DMark.

Intel Core i9-13900KF merupakan CPU 24-core Raptor Lake unggulan dengan clock boost hingga 5,8 GHz pada pengujian single core. Varian KF ini tidak memiliki dukungan GPU terintegrasi. Meski begitu hal ini tentunya tidaklah menjadi sebuah masalah, terutama untuk Coodie, yang sistemnya sudah dilengkapi dengan GPU Nvidia GeForce RTX 4090.

Di Cinebench R23, CPU mencetak 2352 poin dalam tes single-core, yang menempatkannya di posisi ke-13 dalam peringkat HWBOT saat ini. Namun, pengguna lain juga membagikan hasil pengujian multi-core yang menembus angka 41940 poin. Sedangkan frekuensi single-core bisa menembus angka 6,2 GHz dan suhu tidak pernah melebihi 75 ° C pada tegangan 1,474.

Pengujian ini dilakukan menggunakan perangkat ASUS ROG Maximus Z690 APEX yang dilengkapi dengan fitur AI tune bawaan ASUS.

Bagaimanapun, hasil ini memberi tahu betapa sederhananya meng-overclock CPU dengan sumber daya dan alat yang terbatas. Pengujian ini bukanlah pengujian yang sifatnya overclock all-core, akan tetapi setidaknya hasil ini dapat memberikan pengetahuan baru kepada pengguna Intel Core i9-13900KF saat ini.

Share
Avatar photo

Budi Van Dijk

Lucas Budi Van Dijk, geek teknologi dan gadget, ngasih insight soal dunia digital dengan gaya santai. Di blog dan sosmed, dia ulas gadget terbaru, kasih tips, dan bahas dampak teknologi. Lucas juga peduli sama balance antara digital dan alam, sering 'disconnect' buat nikmatin alam. Cerita Lucas bukan cuma soal gadget, tapi gimana teknologi bikin hidup kita lebih baik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *