Download Exambro Jadi Syarat Ikut PPPK Kemenag, Berikut Link Dan Cara Setting!

Download Safe Exambrowser PPPK Kemenang
Download Safe Exambrowser PPPK Kemenang

Menjadi seorang ASN saat ini sungguh idamkan oleh banyak orang, termasuk menjadi ASN atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau yang dikenal dengan istilah P3K. Dan pos Kemenag tengah memasuki seleksi teknis.

Namun untuk bisa mengikuti seleksi ini anda harus menggunakan safe exambro yang nanti akan kita pandu mulai dari download hingga cara settingnya.

Apa itu Safe Exambro?

SafE Exam Browser (SEB) adalah sebuah program komputer gratis dan open-source yang dirancang untuk membatasi akses peserta ujian pada perangkat komputer selama ujian berlangsung. SEB dapat dijalankan di Windows, macOS, dan iOS, dan digunakan secara luas di berbagai institusi pendidikan, seperti universitas dan sekolah tinggi.

SEB memblokir akses ke aplikasi dan fitur lain pada perangkat komputer, sehingga peserta ujian tidak dapat menggunakan program atau alat yang tidak diizinkan selama ujian berlangsung. SEB juga dapat mengunci akses ke Internet dan mencegah penggunaan perangkat penyimpanan eksternal seperti flash drive atau hard drive eksternal. Dalam hal ini, SEB membantu memastikan integritas dan keadilan dari ujian, serta mencegah kecurangan akademik selama ujian berlangsung.

Nah sebenarnya Safe Exambro ini tidak jauh beda dengan aplikasi browser lainnya seperti Chrome dan Mozilla Firefox. Namun aplikasi ini memiliki tingkat keamanan sehingga dapat meminimalisir tingkat kecurangan saat tes.

Berikut link download dan cara setting untuk ikut PPPK Kemenag.

  1. Download Safe Exam Browser, klik link: https://safeexambrowser.org/download_en.html
  2. Download sesuai jenis Sistem Operasi
  3. Gunakan versi terbaru: 3.4.1
  4. Gunakan versi 2.4.1 jika versi 3.4.1 gagal instal
  5. Lakukan proses instalasi sampai selesai.

Selanjutnya tahap konfigurasi:

  1. Buka SEB Configuration Tools
  2. Pada Tab General isi link SKTT : https://sktt.kemenag.go.id/
  3. Buka Tab Browser
  4. Isikan Suffix dengan: skttkemenag23
  5. Klik menu File > Save Settings
  6. Tutup SEB Configuration Tools dan jalankan Safe Exam Browser
  7. Proses Instalasi berhasil jika muncul Halaman Login

Nah demikian cara setting safe exambro untuk ikut serta dalam PPPK Kemenag.

Budi Van Dijk

Budi Van Dijk

Total posts created: 366
Lucas Budi Van Dijk, geek teknologi dan gadget, ngasih insight soal dunia digital dengan gaya santai. Di blog dan sosmed, dia ulas gadget terbaru, kasih tips, dan bahas dampak teknologi. Lucas juga peduli sama balance antara digital dan alam, sering 'disconnect' buat nikmatin alam. Cerita Lucas bukan cuma soal gadget, tapi gimana teknologi bikin hidup kita lebih baik.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *