Tata Cara Menjalankan Puasa Sunnah Syawal

Bulan ramadhan, bulan penuh ampunan telah berakhir. Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya Sholat Idul Fitri pada 1 Syawal. Namun suasana bulan ramadhan seperti kebiasan berpuasa menahan lapar dan dahaga dan hal lain yang membatalkannya terkadang masih membekas dalam keseharian. Dan itulah yang diharapkan bahwa kebaikan-kebaikan yang telah dijalankan selama 1 bulan penuh tetap kita pertahankan di bulan-bulan yang lain.

Jika anda rindu berpuasa, maka anda tetap dapat menjalankanya di hari-hari lain selain bulan ramadhan. Seperti di bulan Syawal, anda bisa menjalankan puasa syawal. Berpuasa di bulan Syawal sangat dianjurkan untuk menghapus dosa-dosa kita yang telah lalu.

Apa itu Puasa Syawal

Puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang dilakukan pada bulan Syawal, yaitu bulan yang berada setelah bulan Ramadan dalam penanggalan Islam. Puasa sunnah Syawal dilakukan selama enam hari di bulan Syawal, dan biasanya dilakukan setelah selesai menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Puasa sunnah Syawal tidak termasuk dalam kewajiban puasa sebagaimana puasa wajib pada bulan Ramadan, namun tetap dianjurkan oleh agama Islam sebagai ibadah yang baik dan penuh keberkahan.

Tata Cara Puasa Syawal

Puasa sunnah Syawal dapat dilakukan dengan tidak harus berpuasa secara berturut-turut selama enam hari, namun dapat dilakukan secara terpisah dalam enam hari yang berbeda. Namun demikian, jika seseorang memiliki hutang puasa Ramadan yang belum terbayar, maka sebaiknya menunaikan hutang tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan puasa sunnah Syawal.

Nah, demikian jika apa yang di maksud dengan puasa sunnah syawal dan bagaimana cara menjalankannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin menjalankan puasa sunnah di bulan Syawal selama 6 hari.

 

Budi Van Dijk

Budi Van Dijk

Total posts created: 366
Lucas Budi Van Dijk, geek teknologi dan gadget, ngasih insight soal dunia digital dengan gaya santai. Di blog dan sosmed, dia ulas gadget terbaru, kasih tips, dan bahas dampak teknologi. Lucas juga peduli sama balance antara digital dan alam, sering 'disconnect' buat nikmatin alam. Cerita Lucas bukan cuma soal gadget, tapi gimana teknologi bikin hidup kita lebih baik.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *