Klaim Sudah Sebar Sebagian Data Di Internet, Hacker Lockbit Minta Tebusan 20 Juta Dolar

Benar-benar membuat dunia maya tanah air menjadi heboh karena ulah kelompok Hacker Lockbit. Beberapa waktu lalu nasabah Bank Syariah Indonesia atau BSI tidak bisa mengakses layanan mobil aplikasi BSI, selang beberapa hari kemudian salah satu kelompok hacker yang menamakan dirinya Lockbit mengklaim telah melakukan peretasan dan pencurian data nasabah dan karyawan BSI. Adapun jumlah data yang di curi sebesar 1,5 TB, wow bukan data yang sedikit tentunya.

Meski kemudian Komisaris Utama BSI membantah bahwa kelompok hacker tersebut telah melakukan pencurian data. Namun tidak berhenti sampai disitu saja. Kelompok hacker tersebut kemudian memberikan tenggat waktu hingga tanggal 16 Mei 2023 bagi pihak BSI untuk memberikan sejumlah uang tebusan.

Lockbit Minta Tebusan 20 Juta Dolar setara Rp.295 Milliar

Tenggat waktu yang diberikan hacker lockbit telah terlewati. Dan mereka mengklaim telah menyebarkan sebagian data nasabah di internet. Sebagaimana yang dalam akun twitter @darktracer_int, pihak lockbit meminta tebusan sejumlah $20 USD atau setara dengan Rp. 295,619,469,026. Sebagaimana yang di posting dalam akun twitter tersebut dan dikatakan telah terjadi negosisasi diantara kedua belah pihak: “The LockBit ransomware gang has also made public the chat logs related to the negotiation with BSI. They demanded a ransom amount of 20 million USD dollars (295,619,469,026 IDR Rupiah)”

sumber: akun twitter @darktracer_int

Tampak dari percakapan, salah satu akun menanggapi bahwa angka 20 juta dolar terlalu besar, dan dia minta diangka separuhnya yakni 10 juta dolar, serta mina 1 sample username dan password salah satu akun yang mereka curi.

Dalam salah satu postingan lainnya di twitter, kelompok hacker ini mengatakan negosiasi telah berakhir dan mereka telah menyebarkan data-data yang mereka curi. sebagaimana dalam gambar yang mereka posting dalam posting twitter tersebut.

sumber: akun twitter @darktracer_int

Nah demikian klaim kelompok hacker lockbit bahwa mereka telah melakukan peretasan meminta sejumlah dana tebusan hingga 26 Mei 2023. Namun karena tenggat waktu yang diberikan kepada pihak BSI tidak terpenuhi, mereka menyebarkan sejumlah data yang mereka klaim telah curi.

 

Budi Van Dijk

Budi Van Dijk

Total posts created: 366
Lucas Budi Van Dijk, geek teknologi dan gadget, ngasih insight soal dunia digital dengan gaya santai. Di blog dan sosmed, dia ulas gadget terbaru, kasih tips, dan bahas dampak teknologi. Lucas juga peduli sama balance antara digital dan alam, sering 'disconnect' buat nikmatin alam. Cerita Lucas bukan cuma soal gadget, tapi gimana teknologi bikin hidup kita lebih baik.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *