UTBK 2023 Mulai Hari ini Hingga 28 Mei 2023

Hari ini merupakan hari pertama diselenggarakannya UTBK 2023 di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Adapun persyaratan umum untuk dapat mengikuti UTBK 2023 adalah para siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat). Selain itu dapat juga diikuti oleh lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).

Adapun jadwal penyelenggaraan seleksi UTBK 2023 sendiri dilakukan 2 kali yakni gelombang pertama yang dijadwalkan mulai 08 Mei 2023 hingga 14 Mei 2023, dan gelombang kedua yang dijadwalkan mulai tanggal 22 Mei 2023 hingga 28 Mei 2023.

Dalam persiapan menghadapi UTBK 2023, calon mahasiswa disarankan untuk mempersiapkan diri dengan belajar secara teratur dan konsisten, mengulang materi yang dianggap sulit, serta melakukan latihan soal dan ujian simulasi untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri.

Materi UTBK 2023

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS)
    • TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran UmumKemampuan KuantitatifPengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.
  2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
    • Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
  3. Penalaran Matematika
    • Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Tahapan Pendaftaran UTBK 2023

Secara umum tahapan pendaftaran UTBK-SNBT sebagai berikut:

  1. Registrasi Akun SNBT
  2. Login
  3. Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data
    • Mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah pernyataan tuna netra/low vision
  4. Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SNBT
    • Memilih Program Studi, Mengunggah Portofolio, Memilih Pusat UTBK PTN, dan memperoleh Slip Pembayaran Biaya UTBK
  5. Membayar 
    • Akan diumumkan kemudian.
  6. Mencetak Kartu Peserta UTBK-SNBT

Nah demikian Jadwal, Materi dan Tahapan pendaftaran UTBK 2023. Jangan sia-siakan kesempatan untuk dapat melanjutkan pendidikan di PTN favorit yang anda impikan!.

Budi Van Dijk

Budi Van Dijk

Total posts created: 366
Lucas Budi Van Dijk, geek teknologi dan gadget, ngasih insight soal dunia digital dengan gaya santai. Di blog dan sosmed, dia ulas gadget terbaru, kasih tips, dan bahas dampak teknologi. Lucas juga peduli sama balance antara digital dan alam, sering 'disconnect' buat nikmatin alam. Cerita Lucas bukan cuma soal gadget, tapi gimana teknologi bikin hidup kita lebih baik.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *