Cara Menonaktifkan Fitur Sticky Keys di Windows 10 dan 11

Sticky Keys adalah fitur aksesibilitas yang ada di sistem operasi Windows. Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna dengan mobilitas terbatas atau kesulitan dalam menekan beberapa tombol keyboard secara bersamaan, seperti tombol Ctrl, Alt, atau Shift, yang sering diperlukan dalam kombinasi pintas atau perintah tertentu.

Ketika Sticky Keys diaktifkan, Anda dapat menekan tombol kunci khusus seperti Ctrl, Alt, atau Shift dan tombol ini akan tetap “menempel” (atau “sticked”) sehingga Anda tidak perlu menahan tombol tersebut saat menekan tombol lain. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan kombinasi pintas “Ctrl + C” untuk menyalin teks, tanpa Sticky Keys, Anda harus menahan tombol Ctrl saat menekan tombol C. Namun, dengan Sticky Keys diaktifkan, Anda bisa menekan tombol Ctrl, dan kemudian tombol C secara terpisah. Dan yang paling membingungkan adalah ketika anda tidak sengaja mangaktifkan fitur ini.

Pernahkah Anda bermain game di komputer dan tanpa sadar menekan salah satu tombol Shift beberapa kali berturut-turut, hanya untuk membuat game Anda tiba-tiba terganggu atau diperkecil oleh jendela pop-up dan suara bip kecil? Maka selamat, Anda telah mengalami frustrasi abadi yaitu Sticky Keys. Oleh karena itu cara untuk mengatasinya adalah dengan menonaktifkan fitur ini. Anda dapat mengikut langkah-langkah dibawah ini.

Berikut langkah-langkah menonaktifkan Sticky Keys di Windows 10 dan 11:

  1. Buka “Pengaturan” dengan mengklik ikon gear (roda gigi) di menu “Start” atau dengan menekan tombol “Windows + I”.
  2. Pilih “Kemudahan Akses” (Accessibility) dari opsi yang ada di jendela Pengaturan.
  3. Di panel kiri, pilih “Keyboard” dan di panel kanan gulir ke bawah sampai Anda menemukan opsi “Gunakan Sticky Keys.”
  4. Geser tombol di samping “Gunakan Sticky Keys” untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini sesuai keinginan Anda.

Nah, setelah Anda mengaktifkan Sticky Keys, penggunaan tombol Ctrl, Alt, atau Shift akan berubah. Anda hanya perlu menekan tombol tersebut satu kali untuk “menyimpan” mereka dalam posisi aktif, kemudian Anda dapat menekan tombol lain dalam kombinasi dengan mudah.

Sticky Keys adalah salah satu dari banyak fitur aksesibilitas di Windows yang dirancang untuk membuat pengalaman pengguna lebih mudah bagi orang dengan berbagai tantangan fisik.

 

Budi Van Dijk

Budi Van Dijk

Total posts created: 366
Lucas Budi Van Dijk, geek teknologi dan gadget, ngasih insight soal dunia digital dengan gaya santai. Di blog dan sosmed, dia ulas gadget terbaru, kasih tips, dan bahas dampak teknologi. Lucas juga peduli sama balance antara digital dan alam, sering 'disconnect' buat nikmatin alam. Cerita Lucas bukan cuma soal gadget, tapi gimana teknologi bikin hidup kita lebih baik.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *