ASUS Zenfone Max Pro M2

WordPress, Tumbuh dan Menumbuhkan

Nurudin Jauhari | Featured | 30 Nov, 2011

Saat ini Pengguna WordPress terus tumbuh. Dulunya WordPress yang hanya digunakan sebagai sarana blogging, sekarang telah banyak berkembang dan tidak sedikit yang menggunakannya sebagai CMS, Forum, Social Network, Multi User, dan masih banyak kustomisasi lainnya. Perkembangan yang demikian pesat ini tentu saja berkat dukungan dari pengembang WordPress sendiri yang sangat terbuka dan rutin melakukan pembenahan, penambahan dan perbaikan yang akhirnya banyak juga yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Tidak sedikit juga yang bisa berbisnis dengan WordPress ini. Mereka membuat premium themes dan plugin yang mana secara tidak langsung memudahkan pengguna WordPress, terutama sekali pengguna awam ataupun pengguna WordPress demi tujuan media marketing atau biasa disebut para penggiat pebisnis online.

Perkembangan WordPress yang bisa dibilang cukup cepat ini karena pihak WordPress.org dan Automattic (perusahan dibelakang WordPress.com dan WordPress.org) ini berdiri orang2 yang sangat kompeten untuk membuat sesuatu yang bermanfaat untuk kalayak banyak. Mereka rutin mengadakan WordCamp yang diadakan diberapa belahan dunia termasuk di Indonesia.

Disetiap acara WordCamp, selalu diberikan bocoran apa dan bagaimana WordPress kedepannya. Pada event ini juga banyak diadakan semacam demo beberapa perusahaan yang juga antusias dengan WordPress. Sehingga adanya event ini semacam silaturahmi antara pengembang WordPress dan pengembang pendukung, pengguna WordPress diberbagai pelosok dunia.

Kalau menilik kebelakang, kelahiran WordPress ini tidak bisa dilepas dari B2Evolition sebuah CMS yang juga sederhana dan oleh Matt dibuatkan turunannya sehingga lahirlah WordPress ini.

WordPress.org dan WordPress.com

Serupa tapi tak sama, itulah yang bisa kami ungkapkan antara WordPress.org dan WordPress.com ini. Kedua2nya berasalah dari Core yang sama, akan tetapi WordPress.com ini bersifat gratis (ada beberapa layanan premium dan VIP untuk menikmati kelebihan2 lain) dan kita tidak diribetkan dengan installasi dan konfigurasi teknis lainnya. Layanan ini siap pakai. Sedangkan kakaknya WordPress.org adalah lebih kustom dan kita membutuhkan server serta domain untuk menggunakannya. Dengan WordPress.org ini dibutuhkan sedikit kemampuan teknis dalam pennggunannya.

Walau tidak dipungkiri, ukurang file2 WordPress ini semakin membengkak yang mana tidak bisa dihindari karena adanya penambahan fitur2 baru yang itu tidak bisa di hindari. Kami masih yakin WordPress kedepannya ini masih menjadi hal yang penting ditengah maraknya layanan lain seperti (Facebook, Twitter, Tumblr dan lain)… Jadi berapakah anda mempunyai blog saat ini? Dan berapa dari blog2 itu yang menggunakan WordPress?

[cb type=”product”]WordPress[/cb]