ASUS Zenfone Max Pro M2

Tips Membangun Startup : Blackberry #DevIdYk

Afit Husni | Featured | 17 Mar, 2012

Masih dari sambungan acara Blackberry Developer Indonesia yang diselenggarakan di kota Yogyakarta, kali ini mereka membagi tips untuk kamu yang ingin membangun bisnis startup. Cak Uding (@almaujudy) dan Om @brynerio kali ini yang medapat jatah untuk menyampaikan materi tersebut.

Sama seperti saat membangun bisnis lainnya, ‘Passion’ adalah kunci untuk membuat diri kamu dan produk kamu menjadi ‘hidup’. Jika kamu sudah menemukan passion, maka kunci berikutnya adalah ‘Imajinasi’. Imajinasi bisa membuat kamu mendapatkan banyak ide dan menjadi lebih kreatif.

Kemudian setelah kamu memiliki kedua hal itu, jangan lupakan ‘Plan’ atau strategi. Tidak perlu strategi yang detil, yang penting bagaimana kamu bisa tetap berjalan di jakur yang sesuai dengan produk dan ide-mu.

Cak Uding juga mengatakan, banyak bisnis yang sukses dikarenakan mereka malkukan ‘Kolaborasi’, demikian juga dengan bisnis startup, kolaborasi merupakan elemen penting untuk sukses.

Kunci terakhir adalah ‘Evaluasi’, cak Uding menyarankan paling tidak tiga bulan sekali melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa bisnis kamu berjalan dalam jalurnya.

Selain hal-hal tersebut, pemilihan produk yang menjual adalah poin penting supaya bisnis startup bisa bertahan hidup. Carilah sesuatu yang unik, berbeda dan bermanfaat.