ASUS Zenfone Max Pro M2

Solusi Wallpaper Reset ke Andromeda Galaxy di OS X Lion

Nurudin Jauhari | Featured | 06 Apr, 2012

Sebagai pengguna OS X Lion ternyata banyak yang mengalami hal yang terbilang sepele ini. Hal yang sepele tapi lumayan mengganggu adalah wallpaper di OS X Lion yang reset ke Wallpaper default Andromeda Galaxy setelah Mac di restart/shut down/logout. Berbagai macam cara yang ditawarkan di berbagai tempat diskusi di manca belum bisa menyelesaikan di MacBook Pro saya ini. Konon salah satu Co-Founder Ngonoo Paman @Gojeg juga mengalaminya…

Akhirnya demi mencari solusi saya memberanikan diri untuk bertanya di Forum Diskusi Produk Apple resmi disini Alhamdulillah ada member yang kalau melihat dari gaya bahasanya sudah cukup mumpuni atau master dibidangnya. Beliau memberikan beberapa solusi mulai dari yang sederhana sampai dengan ilmu pamungkas yang bagi saya fekir benwit ini sangat menyakitkan. Disini kami akan memberikan beberapa cara yang kami harapkan bisa menyelesaikan reset wallpaper di OS X Lion anda.

Cara Memperbaiki Wallpaper Reset pada OS X Lion

  • Cara Pertama
    Buat Folder di dalam Directory Documents dan taruh semua gambar yang akan dijadikan wallpaper disana, kemudian setting wallpaper dan arahkan ke folder baru tersebut. Coba logout dan login lagi, kalau wallpaper sudah tidak reset berarti masalah anda teratasi.
  • Cara Kedua
    Cara ini sedikit lebih teknikal dan butuh restart OS X Lion anda. Sewaktu restart setelah bunyi Tone di Speaker segera tekan tombol Shift sampai logo Apple dan juga tanda roda berputar muncul, setelah itu lepaskan dan tunggu (OS X Lion akan menuju ke mode Safe Boot, biasanya loading akan lebih lambat dari biasanya) Setelah sukses login, coba ganti wallpaper ke gambar yang lain dan silahkan Logout kemudian login lagi. Jika wallpaper tidak reset, anda sudah sukses dan silahkan login ke standard dan lakukan metode itu lagi. Jika belum juga ketemu solusinya. Silahkan menuju langkah pamungkas.
  • Cara Ketika
    Ini adalah cara pamungkas dan membutuhkan waktu lebih lama dan bagi saya adalah CARA PALING MENYAKITKAN karena ini menghabiskan Quota Internet terbatas saya. Dan tentu saja cari ini memerlukan akses internet dengan Wi-Fi. Walaupun kecepatan ini tergantung kecepatan akses internet anda, karena ini adalah Reinstall OS X Lion dimana kita perlu download file untuk melakukannya.Caranya adalah sebagai berikut. Lakukan restart seperti biasa dan setelah bunyi Tone tekan Command + R sampai logo Apple dan roda keluar kemuidan lepaskan dan tunggu sampai selesai. Setelah selesai akan muncul 4 Pilihan dan pilih Disk Utility. Jalankan Disk Utility.

    Disk Utility OS X Lion

    Disk Utility OS X Lion

    Kemudian jalankan Repair Disk dan Repair Disk Permissions pada OS X HDD anda. Ketika sudah selesai tutup Disk Utility dan pilih menu nomor 2 (Reinstall Mac OS X Lion), silahkan Next2 pada menu ini, OS X Lion Recovery akan download file2 yang dibutuhkan tunggu proses ini hingga selesai.

    Setelah selesai download akan otomatis reboot/restart dan melanjutkan installasi. Silahkan tunggu dengan sabar (kecepatan tergantung koneksi internet anda) Setelah Installasi sukses cobalah untuk ganti wallpaper kembali dan logout/restart OS X Lion anda. Langkah terakhir ini terbukti sukses di MacBook Pro saya… semoga juga sukses untuk anda.

Semoga Panduan Memperbaiki Wallpaper Reset pada OS X Lion ini bermanfaat untuk bero dan sista semua…

Penyebab Wallpaper OS X Lion reset ke Default Andromedia Galaxy?

Menurut salah satu anggota forum di Discussions Apple mas Linc Davis ini penyebab kenapa setting wallpaper selalu kembali ke default ini dikarenakan file installer dari OS X Lion yang digunakan korup atau ada yang rusak atau istilahnya cacat. Jadi bagi kalian, usahakan selalu download file installasi dari sumber yang terpercaya.

Ngonoo Lho…