ASUS Zenfone Max Pro M2

Tips Menghadapi Kiamat Internet

Taufiq Hasan | Tip & Trik | 09 Jul, 2012

Tanggal 9 Juli 2012 waktu Amerika (kalo Indonesia baru besok) adalah hari kiamat internet, kabar itu beredar sejak lama sih, tapi makin deket sama hari makin kenceng beritanya :D. Kiamat internet ini berkaitan sama DNSChanger, sebuah malware yang dibuat sama orang-orang selo di belahan bumi sebelah sana, malware ini mengakibatkan DNS di komputer yang terjangkiti menjadi nggak berfungsi dengan baik.

Buat yang belum tau apa itu DNS bisa baca penjelasannya di halaman Wikipedia. DNSChanger ini mengganti DNS komputer dengan DNS yang udah disediakan sama penyerangnya, DNS si penyerang itu tadi udah dikacaukan, misalnya kamu buka facebook.com malah diarahin ke website tertentu yang bisa jadi berisi malware lagi.

Kabarnya malware bisa menjangkiti komputer yang pake sistem operasi Windows dan Mac OS, lha Linux? Katanya sih enggak.. Buat mengamankan komputer kamu bisa cek apakah komputer kamu pake DNS yang nggak bermasalah.

Caranya gampang koq, nggak perlu sedih, galau, atau depresi. 🙂

Saya baru nemu 2 layanan buat ngecek DNS :

1. http://dns-ok.us – Dikembangkan dan dikelola olah DNS Changer Working Group (DCWG).

Indikatornya adalah RED dan GREEN, kalo muncul tulisan RED berarti ada yang nggak beres dengan DNS komputer kamu. Kalo GREEN, silakan lanjutkan aktivitas di internet.

2. http://dns-changer.eu/en/check.php – DIkembangkan dan dikelola oleh Anti-Botnet.

Indikatornya kalo kalo DNS ok ada keterangannya, kalo nggak ok juga ada keterangannya. Hehe.

Misalnya kamu mendapati DNS komputer terdeteksi nggak ok, segera ganti DNS dengan yang lain, alternatifnya ada banyak koq. Biasanya emang dari provider internetnya punya settingan default, tapi kamu bisa ganti sesuka hati, khusus di komputer kamu.

Buat kamu yang pake Windows 7 bisa ikuti cara ini.

Buat kamu yang pake Mac, silakan buka System Preference, lalu pilih Network, pilih koneksi yang akan di ganti (misalnya WiFi), klik Advanced di pojok kanan bawah, kemudian pilih tab DNS. Nah, ganti saja DNSnya yang udah tertulis di situ.

Alternatif DNS

1. Google : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

2. OpenDNS : 208.67.222.222 dan 208.67.220.220

Dimasukin semuanya juga boleh koq.

Salam olah raga, semoga bermanfaat.