Jumlah Bahasa di INTERNET dan SOSIAL MEDIA

  • Share

Kali ini saya akan membahasa bahasa bahasa yang paling digunakan di dunia Internet dan Sosial Media yang di era sekarang ini mungkin sudah menjadi dunia kedua kita selain di dunia nyata. Pengguna internet di dunia yang sudah banyak sekali tentunya memunculkan minoritas minoritas dan mayoritas dalam berbahasa. Diatas adalah infographic yang menggambarkan 4 sosial media yang sekarang sedang melonjak pengguna nya.

Twitter, google+ ,  linkedin serta facebook . Dari hasil diatas dapat kita lihat bahwa memang negara negara dengan jumlah pengguna internet paling banyak yang mendominasi bahasa yang digunakan, yah itu sudah dapat di pastikan 😀 , Amerika, Brazil, india, Indonesia, Canada dan banyak negara besar lainnya. Namun hasil statistik diatas hanya berdasarkan jumlah pilihan bahasa yang di gunkan di profile pengguna nya. Hasil statistik lain mengenai bahasa yang paling banyak di gunakan saat ngetuit atau saat update twitter lebih mencengangkan lagi. di luar bahasa Inggris tentu nya

Grafik diatas bahasa bahasa yang mendominasi twitter, Kevin Scannell, seorang profesor di St Louis University, Missouri, telah menemukan 500 bahasa digunakan di Twitter dan telah membuat sebuah situs web untuk melacak mereka. Kurang dari 0,5% dari semua tweets berada di Cina (520K per hari). Memang, Twitter masih dilarang di Cina daratan dan transisi ke skema otentikasi baru akhirnya dicegah pengguna Cina untuk menggunakan proxy dengan klien Twitter biasa. Cina telah beralih ke pesaing Twitter, yang paling menonjol Weibo Sina. Survei terbaru Semiocast itu klien telah menunjukkan bahwa Weibo sekarang account untuk 20% dari semua mikro-pesan untuk pertanyaan mengenai global, ritel, pariwisata dan merek transportasi.

78-karakter dalam bahasa Inggris akan menjadi hanya 24 karakter dalam bahasa Cina

Sedang kalau bahasa di Internet secara keseluruhan memang Bahasa Inggris masih mendominasi di dunia, hanya cina yang bisa mengimbangi. Ini di lihat dari banyak nya konten. Raksasa Internet seperti Yahoo telah mulai menawarkan konten dalam jumlah yang lebih dari bahasa asing untuk melayani fase baru pertumbuhan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan tingkat penggunaan antara pengguna Web yang lebih nyaman dengan bahasa lokal. Pada bagian akhir dari dekade terakhir, sebagai pengguna web tumbuh di seluruh dunia, telah terjadi lonjakan dalam penggunaan bahasa lokal di web. Setelah bahasa Inggris mendominasi populasi dunia internet tapi hari ini jumlah mereka berdiri di 26,5%, dan angka ini diperkirakan menurun lebih lanjut. Bahasa seperti Cina, Rusia dan Arab telah tumbuh sebesar 1.500%, 1.800% dan 2.500% online sejak 2000.

Nah dengan melihat gambar gambar di atas kita bisa lebih targetet dalam membuat sesuatu di internet yang kita inginkan mendatangkan banyak pembaca.  Namun dengan Bahasa Indonesia sendiri mungkin masih banyak yang bisa kita explorasi di internet yang bernilai positif. Itu mengapa temen temen ngonoo lebih memilih konsen ke bahasa indonesia, walau sebagian menguasai bahasa inggris dan cina 😀

Sumber gambar : Semiocast , economist

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.