Kini Melakukan Pencarian di Gmail Akan Lebih Mudah

Gmail telah melaukan pembaharuan pada fasilitas pencariannya. Sekarang kamu dapat melakukan pencarian email-email penting kamu di Gmail dengan lebih mudah. Jadi gini, misalnya kamu akan mencari file di Gmail kamu yang besar (size) nya lebih dari 5MB kamun tinggal ketik larger:5M . Lebih lanjut lagi, untuk mencari file email setahun yang lalu kamu tinggal mengetikkan older_than:1y . Untuk kombinasi ke-2 nya kamun dapat mengetikkan seperti ini: larger:5M older_than:1y. Maka pencarian kamu akan ditampilkan dengan file email yang ukurannnya lebih dari 5MB yang masuk 1 tahun yang lalu.

Bagi sebagian orang, fasiltas pencarian di Gmail ini akan sangat berguna. Selain memberika quota 10GB, Gmail juga memperbolehkan kamu untuk meng-upload lampiran dengan ukuran besar. Baik itu lampiran dokumen, mp3, video, 3GP, pokoknya apapun. Maka berterima kasihlah kepada Google yang telah membuat hidup kamu menjadi lebih mudah.

Untuk daftar lengkap code pencarian Gmail ini masbro dan mbaksis dapat memeriksa pada Gmail documentation yang ada pada halaman ini. Code pencarian nya sangat banyak, mungkin bisa kamu hafalin satu-satu. Pencariann pada Gmail ini juga akan membiarkan kamu melakukan pencarian label dalam pesan tertentu, atau hanya mencari pesan yang dikirim ke salah satu alamat email kamu (jika kamu memiliki beberapa email), dan bahkan mencari hanya dalam pesan Google Chat (yang direkam pada Gmail secara default).

Nah, mulai dari sekarang melakukan pencarian email ataupun file lampiran di  Gmail tidak pernah semudah ini.

Gambar : Nakwada

Responses (6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.