Fitur Jadul Akan Hadir di Status Facebook: Suasana Hati

Ini bukan jebakan umur tua, tapi bagi yang ngalamin jamannya social media MySpace pasti tahu fitur Mood Status. Yaitu status yang menggambarkan perasaan atau suasana hati seperti Angry (marah), Sad (sedih), Happy (gembira), Tired (lelah), Bored (bosan) dan lainnnya. Status mood tersebut juga digambarkan dengan emoticon.

Entah di MySpace baru dengan brand yang sama sekali beda, saya belum cek apakah masih ada fitur ini.

Mood status ini juga biasa terdapat di layanan Instant Messenger dan CMS forum meski kini jarang dipakai.

Status Mood di Komposer Facebook

Justru Facebook dikabarkan berencana menerapkan fitur jadul ini dan kini sedang melakukan percobaan. Tidak hanya status mood, juga terdapat pilihan status lainnya seperti Watching (menonton), Reading (membaca), Listening to (mendengarkan), Drinking (minum), serta Eating (makan).

Pilihan status tersebut mirip fitur di Path dan social media hiburan GetGlue.

Tampilan status Watching (menonton) di GetGlue:

Pilihan Status Menonton di GetGlue

Tampilan status Reading (membaca) di Path:

Pilihan Status Membaca di Path

Tampaknya Facebook memang ingin mengetahui lebih banyak tentang apa yang dilakukan oleh penggunannya. Tentunya ini salah satu upaya untuk menyempurnakan proyek Facebook Graph Search yaitu layanan pencarian di Facebook. Graph Search ini salah satu calon sumber pundi-pundi penghasilan bagi Facebook dari periklanan nantinya.

Dengan mengetahui lebih jauh tentang perasaan hati penggunanya, sudah barang tentu iklan yang disasar pun semakin tertarget dan efektif.

Dari sisi saya sebagai Internet Marketer yang biasa memakai jasa periklanan Facebook, fitur ini sangat harum dan menarik. Namun bagi saya sebagai sisi pengguna, hmm, siap-siap aja menandai teman super mood swinger yang gemar ganti mood tiap menit.

😮

Bagaimana fitur jadul ini menurut kamu?

Gambar: https://techcrunch.com

Irwan Kartadipura

Irwan Kartadipura

Total posts created: 179
Full-time blogger, entrepreneur, startup founder & internet marketer. Tinggal di Yogyakarta, sehari-hari mengasuh satu putri dan ngantor di #MALIOME Hackerspace.

1 thought on “Fitur Jadul Akan Hadir di Status Facebook: Suasana Hati”

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *