Kendaraan Juga Butuh Pengaman

air bag motor Kendaraan Juga Butuh Pengaman

Masih hangat beberapa minggu lalu santer berita kecelakaan mobil artis, kritikan demi kritikan muncul dari berbagai pihak tentang sistem keamanan mobil, sebenarnya apa saja sih teknologi keamanan pada mobil yang harusnya ada pada setiap mobil? dan apa pentingnya sebuah mobil diberi teknologi keamanan?

1. ABS

Teknologi keamanan mobil yang santer akan dijadikan keamanan wajib pada mobil baru. Antilock Braking System, ini apa ya? secara mudahnya teknologi ini memungkinkan mobil untuk berbelok kekanan atau kekiri meskipun terjadi pengereman. Asumsikan mobil berkecepatan tinggi sekonyong- konyong ada anak kecil nyebrang didepan .. ngiik, ngeremlah kita, tanpa kita sadari mobil akan berberbelok kanan/kekiri karena sensor mobil menerima signal dari si anak kecil tersebut.

sistem kerja ABS

ABS biasanya terkombinasi dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD) , ketika mengerem teknologi ini membuat rem menjadi lebih pakem .

2. ESP

Espanyola? salah. benernya Electronic Stability Program , teknologi yang memungkinkan penerapan rem pada roda yang benar. Misalnya pada saat menikung tajam maka teknologi ini akan membantu memutuskan roda mana yang sebaiknya direm agar roda belakang tidak keluar jalur .

3. Air Bag

airbag mobil

Teknologi lama yang masih dipercaya sampai sekarang, fungsi secara umumnya ketika ada hentakan maka sensor pada modul kantung udara mengaktifkan Air Bag. Air bag didashboard mengembang jika terjadi benturan (tabrakan) dalam area 30 derajat dari arah depan mobil. Airbag yang dipasang di sebelah kiri tidak akan mengembang jika tumbukan ada di sisi kanan, begitu pula sebaliknya.

Isi dari Air bag semacam gas yang disebut nitrogen, pada dashboard sedang disisi lain mengunakan gas argon.

4. GPS

gps mobil android

Alat satu ini sering digunakan untuk pelacakan mobil, sensor pada reciver akan selalu aktif sehingga dapat dipantau mengunakan aplikasi khusus yang tersedia SMS, satelit, ataupun GSM dan terpantau mengunakan Google Maps .. hebat banget dah.

Pilihlah kendaraan sesuai dengan keamanan yang tersedia. lebih komplit teknologinya lebih nyaman kita dalam berkendara.

Dodik Murdiono

Dodik Murdiono

Total posts created: 11
Penyuka foto keliling landscape dan HI, sedikit ilmu menulis.

3 thoughts on “Kendaraan Juga Butuh Pengaman”

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *