HEBOH Video Dugem Manohara Di Facebook

Awal bulan ini facebook di hebohkan oleh Video Dugem Manohara yang menjadi viral ribuan orang. Bukan melihat video yang sesungguh yang akan kita dapat namun malah kebalikannya. Video Dugem Manohara ini adalah semacam scam tidak luput dari para kriminal yang dengan kreatif membuat situs baru di blogspot yang mengeksploitasi celah keamanan Facebook  Like / recommend  link dan dengan cerdik membuat siapapun yang mengklik video yang dijanjikan tersebut secara otomatis merekomendasikan situs blogspot tersebut tanpa disadarinya tanpa melalui proses persetujuan atau autentikasi seperti yang selama ini harus dilalui.

video dugem manohara_html_7664a33b

Meskipun trik memanfaatkan recommend link di Facebook ini sangat sederhana tetapi terbukti mampu memakan banyak korban dalam waktu singkat dan karena tema yang diangkat juga menarik dan menyangkut selebriti yang terkenal kawin cerai dan suka hura-hura, banyak pengguna Facebook yang tertarik untuk melihat video yang dijanjikan dan pada akhirnya menjadi korban trik ini. Kabar baiknya, jika anda menjadi korban yang perlu anda lakukan adalah menghapus posting Facebook yang anda rekomendasikan dan menurut pantauan Vaksincom pada tanggal 1 Oktober 2013, administrator Facebook yang terkenal galak dan tangkas sudah melakukan blokir atas link rekomendasi tersebut meskipun situs blogspot yang dijadikan sebagai hosting situs pancingan masih tetap dapat diakses. Namun, karena keampuhan eksploitasi rekomendasi link ini, dengan sedikit rekayasa sosial dan kecerdikan pembuat aplikasi nakal ini, Vaksincom tidak heran jika dalam waktu dekat akan muncul tema lain yang mengeksploitasi celah keamanan ini.

video dugem manohara_html_m6e80cca8

trik ini memanfaatkan fitur otomatis posting dimana pembuat aplikasi nakal ini tidak memiliki akses pada kredensial anda (username dan password Facebook) karena memang pihak Facebook sangat melindungi kredensial anggotanya dan tidak memberikan akses kepada pembuat apps untuk mengakses kredensial. Kredensial anda akan bocor jika anda berhasil dikelabui masuk ke situs Phishing yang dirancang sedemikian rupa sehingga sangat mirip dengan situs ototisasi Facebook dan anda memasukkan kredensial Facebook anda pada situs tersebut. Namun, jika anda khawatir / paranoid dan ingin mendapatkan perasaan aman, tidak ada salahnya jika anda melakukan penggantian password akun Facebook anda jika anda sudah menjadi korban posting Manohara ini.

Jika anda sudah terlanjur mengklik rekomendasi link dan posting tersebut tampil pada wall anda dan semua wall teman anda yang settingannya menginjinkan tampilnya rekomendasi link, maka yang perlu anda lakukan adalah menghapus rekomendasi tersebut dengan melakukan klik drop down di pojok kanan atas pada tautan yang anda rekomendasikan dan pilih [Delete] untuk menghapus rekomendasi tersebut (lihat gambar dibawah). Tidak ada aplikasi / apps Facebook atau Extensions browser yang perlu dibuang pada kasus Manohara ini.

video dugem manohara_html_m681af56a

Sebenarnya ada cara lain untuk menghindari kasus kasus sejenis yaitu dengan mempertebal iman. karena jika iman kita kuat kita tidak akan ngeklik gituan. Trik trik menggunakan gambar gambar mesum seperti ini memang yang sedang laris.  Ati ati saja kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya tetapi juga karena ada kesempatan. Jadi waspadah waspadalah

Sumber Vaksincom

Responses (16)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.