Sudahkah Situs Anda Terpasang Google Analytics?

  • Share
Mengenal Google Analytics
Mengenal Google Analytics

Hai hai, jumpa lagi disini, masih seputar membahas segala sesuatu nyang berhubungan ama Internet. Yups, emang ga ada habisnya kalo udah ngobrolin apa yang kita suka, hobby, apalagi yang bisa ngasilin duit, bener ga Bero and sist. Sesuai ama judulnya, disini kita ingin mengetahui sejauh mana sih performance website kita? Pertanyaan ini khusus buat Bero and sist nyang udah punya website lho yaaa, bagi yang belon, silakan create web dulu, baru nanti ikut nimbrung.

panduan memasang google analytics

Jika mas bero and sist udah punya website, pasti dong pingin tau perkembangan web tersebut, bener kan? Seperti misalnya berapa sih jumlah pengunjung perhari, dari mana aja pengunjung datang, seberapa lama mereka menthelengi halaman web Bero and sist, kata kunci apa aja yang banyak dicari, dan lain lain, dan lain lain, begitu seterusnya. Ok, untuk bisa menganalisa hal hal tersebut, maka Mas bero and sist perlu menginstall tool punyanya Gugel, yaitu Google Analytics. Meskipun di luaran sono banyak tool semacam ini, namun ane lebih rekomen ama tool ini, tentunya karena lebih powerful kali yaa. Bagi para webmaster, pasti udah kenal dengan tools ini, oleh karena itu, artikel ini khusus buwat ngebantu para newbie yang ingin lebih fokus ngeblog, okeee.

Emang apa sih gan keistimewaan tool ini, sehingga musti direkomen buat di pasang di web ane? Seperti udah di share dimari barusan, tool ini akan sangat banyak membantu buat Mas bero and sist untuk mengoptimasi kualitas website yang Bero kelola. Biar ga tambah bingung, berikut beberapa penampakan dan sedikit penjelasannya yang bisa mas bero and sist dapet dari Google Analytics, nya ntu:

Bounce rate

cara memasang google analytics

Bounce rate disini bisa diartikan tingkat pentalan pengunjung ketika mengunjungi sebuah website. Semakin kecil presentase bounce rate tersebut, maka itu artinya pengunjung betah nongkrongin website Bero and sist. Dan berarti juga artikel atau konten website tersebut makin menarik. Demikian juga sebaliknya, semakin besar presentase bounce rate maka semakin buruk konten sebuah website. Mingsalnya, begitu pengunjung datang ke website agan, terus belum sekian detik udah kabur, naahhh, itu berarti konten nya kurang menarik. Solusi agar bounce rate kecil presentase nya adalah membuat konten yang semenarik mungkin dan bisa memecahkan masalah yang mungkin dicari oleh pengunjung web tersebut. Perhatian perhatian, angka diatas hanyalah sample aja.

Dari mana saja pengunjung web Bero and sist?

mengetahui asal pengunjung web

Pada penampakan diatas Mas bero and sist bisa mengetahui, dari mana saja pengunjung web, pake browser apa, dan seterusnya. Parameter ini bisa dijadikan acuan, kira kira peminat web Bero and sist ntu orang mana aja yaaa? Selain ntu, Mas bero and sist juga bisa tahu, pengunjung kebanyakan dari Google atau direct traffic atau dari referral. Berikut penampakannya:

pengunjung web organik

Semakin banyak pengunjung yang berasal dari organic traffic, ntu artinya web Mas bero and sist udah terindek oleh Gugel, dan ini yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Sebenarnya masih banyak sekali penampakan hantu dan daleman Google Analytics yang ingin ane share dimari, tapi takut malah pada bingung ntar ngebacanya, mangkanya tunggu saja artikel selanjutnya untuk topik yang masih berhubungan. Biar lebih jelas, Mas bero and sist bisa langsung sign up aja biar tambah wowke….Cmiiwwwww

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.