Langkah langkah Membuat Situs Direktori

Kalo kemaren sudah ngebahas sedikit mengenai apa itu situs direktori, kali ini Mas bero and sist ane ajak untuk sedikit lebih detail mengenai langkah langkah pegimane caranya bikin ntu situs. Artikel ini sekaligus menjawab pertanyaan dari¬†komeng komen pembaca dimari yang pingin diulas. Sebenarnya jika dilihat secara umum, proses pembuatan situs direktori sama persis dengan situs situs nyang laen, cuman mungkin dilihat dari sisi peruntukkannya, situs model ginian ada sedikit perbedaan. Langkah langkah yang akan ane share dimari juga berdasarkan pengalaman yang udah ane lakuin, dan udah bisa dipanen saat ini, hehehehe…Berikut langkah langkahnya, nya ntu:

 

Mempersiapkan topik situs nyang akan dibuat

Sama seperti saat Mas bero and sist pingin bikin website atau blog, pasti harus sudah punya gambaran kan, kira kira topik apa yang akan diusung. Misalnya topik yang berhubungan dengan teknologi, berita, hiburan, desain, olah raga, dating, kesehatan, atau topik bisnis. Agar lebih mudah dalam melakukan kontrol dan manage tuh website, topik khusus sangat disarankan agar kita bisa fokus, seperti misalnya kalo milih topik bisnis ya topik bisnis tok yang kita ubek ubek, topik kesehatan, ya topik kesehatan tok yang kita gali, demikian seterusnya.

Untuk tujuan apa situs direktori tersebut dibuat

Nah, pada saat menentukan ntu topik, Mas bero and sist juga harus punya gambaran untuk kedepannya, kira kira tu web direktorinya nanti akan diapain, apa nantinya akan dikomersilkan, atau digunakan sebagai tempat nongkrong para member dan di gratiskan, dan lain lain. Tujuan macam ini sangat penting agar kita bisa mengukur, sejauh mana keseriusan kita dalam mengelola sebuah web. Hal ini mengacu pada kebiasaan para newbie, yang rame dan semangat diawal, tapi mlempem dibelakang.

Cari nama domain yang profitable

Setelah dua point diatas Mas bero and sist miliki, langkah selanjutnya adalah memilih dan menentukan nama domain. Mingsalnya Mas bero and sist udah menentukan topik yang akan diusung berhubungan dengan bisnis, sangat disarankan memilih nama domain yang agak agak berhubungan dengan bisnis, meskipun hal ini bukan merupakan keharusan. Pemilihan umum nama domain yang tepat tentunya bisa memberikan branding awareness (sssttt, ikut ikutan bahasa pengamat ekonom) bagi web bero and sist. So pasti, ekstension tetep disaranken nyang pake .com yaaa?

Pilihlah template yang sesuai tema

Banyak yang masih belum pas dalam memilih template. Untuk situs direktori, jenis template yang digunakan berbeda dengan template blog atau website pada umumnya. Untuk situs situs direktori, template yang digunakan biasanya mempunyai tampilan yang sederhana, baik dari navigasi, warna, layout, dan lain lain, cuma powerful dalam hal fungsinya. Hal ini harus bener bener Mas bero perhatikan yaaaa. Untuk platformnya sendiri, silakan pilih CMS yang menurut  Bero and sist cocok. Kalo ane sendiri tetep setia ama pacar WordPress, tentunya karena alasan lebih mudah di kustom dengan aneka plugin.

Melengkapi website dengan aneka plugin

Topik sudah, tujuan situs sudah, domain sudah, template sudah, pokoknya semuanya udah, dan sekarang website Mas bero and sist udah online. Maka langkah selanjutnya adalah melengkapi website tersebut dengan aneka senjata andalan (plugin) yang berhubungan dengan topik website. Berikut beberapa plugin wordpress yang pernah ane pasang di web direktori sesuai dengan fungsinya, nya ntu:

  • Accordion; apa tu accordion? Kalo menurut ane pribadi, plugin ini berfungsi untuk menyederhanakan tampilan menu yang ada di sidebar. Jika nanti Mas bero and sist udah banyak membernya, dan kategorinya pun puluhan, maka plugin ini sangat membantu.
  • Slider revolution; Seperti yang sudah dibahas beberapa waktu yang lalu, plugin ini berfungsi untuk membuat aneka slide di halaman front end atau halaman lain yang Bero and sist kehendaki. Meskipun plugin ini masuk kategori plugin premium, namun fungsinya bener bener powerful. Bero and sist bisa bikin aneka tampilan slideshow yang menarik. Terdapat ratusan fungsi slide yang bisa Bero and sist dapatkan disini.

Biar asyik, sampai disini dulu ya, ada sambungannya kok. Tetep tongkrongin terus disini. Nanti ane sambung mengenai terusan plugin, cara promosi, cara cari member, cara biar cepat keindek di simbah, dll, dll, dll. So visit this web always…… Cekidottt.

Responses (4)

  1. Wah, kebetulan saya punya situs direktori bisnis yang baru publish beberapa bulan dan masih hangat. Situs Direktori Bisnis ini saya buat menggunakan WP dengan plugin free web directory yang mudah dan praktis digunakan. Buat mas bro dan sista yang punya blog atau website bisnis baru ayo daftarkan ke situs Direktori Bisnis dan Industri Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.