ASUS Zenfone Max Pro M2

HP Rakitan? Kaya Semacem PC Rakitan, Emang Bisa?

IrwanKarta | Teknologi | 05 Mar, 2014

NGONOO.com – Hallo sobat NGONOO yang rajin menabung buat beli gadget terbaru dan buat malem mingguan, ini nih beroo ada sebuah kabar yang menarik banget dan harus kamu simak sebagai anak tekno yang #SELO. Kalau PC rakitan, kan udah ga aneh tuh wong tiap hari kamu juga ubek-ubek forum jual beli dimana-mana nyari RAM yang murah. Eh, gimana kalau kita demo turunin harga RAM pren?

Ahh sudahlah, ini beda soal meski masih sama-sama rakitan. Jadi, Google itu sedang mengembangkan sebuah teknologi baru yang memungkinkan kita-kita ini sebagai konsumen bisa merakit ponsel kita sendiri. Iya lho, kaya ngerakit PC gitu. Kita beli hardisk nya, beli mobo nya, beli RAM nya, beli procie nya, dan lainnya.

Sebelumnya, project yang dinamakan sebagai “Project Ara” ini, lebih berurusan sama Motorola sebagai pembuat beberapa hardwarenya. Dan project ini memang diumumkan oleh Motorola sekitar bulan Oktober tahun 2013 kemarin ituh. Sekarang, Motorola kan udah dibeli tuh ama Mas Leno (baca: Lenovo). Tetapi ternyata “Project Ara” bakal tetep diterusin sama Google, meskipun Motorola udah dijual ke Leno.

Bahkan, Tanggal 26 Februari 2014 kemarin, Google secara resmi mengundang para Developer Ara untuk acara conference tanggal 15 & 16 April di Mountain View. Dari Jembatan Janti ambil arah ke Solo lurus terus sampai Bandara Adi Sucipto, nanti kamu tanya lagi disitu gimana caranya ke Mountain View.

Oiya tagline dari Project Ara ini adalah “Designed exclusively for 6 billion people

Okeh, sudah ada sedikit bayangan kan? Jadi project ini intinya adalah membuat sebuah “base” semacem motherboard gitu mungkin yaks, tapi untuk smartphone. Nantinya, masing-masing part bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Misal kamera, baterai, RAM, prosesor, layar dengan resolusi berapa, storage, dan lain-lain.

Prototipe Project Ara Handphone Rakitan

Ya, sama kek kamu ngerakit PC gitu lah masbero dan mbakbero. Kayaknya sih cukup menarik untuk kita tunggu masbro. Karena para produsen nanti bersaing buat bikin part HP berkualitas dengan jangkauan harga yang menarik, gak cuman HP langsung jadi yang dibanderol seenak udele dewe.

Buat lebih jelasnya, silahkan dikau lihat video berikut ini. Kalau dikau pecinta teknologi, ini layak ditonton sumpah :

Piyee? Apik tooh??

Tetep Semangat dan Sat Set Bat Bet TM

Source: Youtube, ProjectAra,PhoneArena