Google Mau Ngeluarin Fitur Baru, Namanya “Nearby”

Fitur terbaru dari Google ini belum muncul di pasaran loh bero, jadi jangan dicari dulu di Google Play, tar gak bakal ketemu soalnya. Tapi walopun belum dirilis sama Google, gak ada salahnya juga kan kalo kita bahas fitur apa sih yang namanya “Nearby” ini. Kalo dari arti katanya sih, nearby itu merupakan kata dalam bahasa Inggris yang kalo diartikan dalam bahasa Indonesia tuh artinya dekat.

Jadi apa maksudnya Google ngasih nama fitur terbarunya ini dengan nama “Nearby” ya? Biar bisa mendekatkan hati yang jauh gitu po? Atau biar bisa mendekatkan mantan yang udah jauh? Entahlah apa maksudnya, tapi yang jelas fitur terbaru dari Google ini kece juga loh bero.

nexusae0_wm_Screenshot_2014-06-03-20-08-43_thumb1

Fitur Nearby akan memungkinkan kamu untuk bisa terhubung, berbagi, dan berbuat lebih banyak lagi dengan orang-orang, tempat, dan benda-benda yang ada di dekat kamu gitu bero. Saat Nearby diaktifkan dengan akun kamu, maka Google secara berkala dapat mengaktifkan microfon, Wi-Fi, Bluetooth, dan fitur-fitur sejenis lainnya di gadgetmu gitu. Google+ dan layanan service Google yang lainnya seperti Nearby membutuhkan akses tersebut agar kamu tetap bisa terhubung, berbagi, dan melakukan hal-hal lainnya.

nexusae0_wm_Screenshot_2014-06-03-20-09-51_thumb1

Dengan Nearby yang sudah kamu aktifkan, maka devices Android kamu akan mengetahui devices Android lain yang berada di sekitarnya. Lalu secara otomatis kedua devices tersebut akan terhubung dan kamu bisa memilih hal apa saja yang akan kamu share, pihak lain juga bisa berbuat sebaliknya apakah dia akan menerima permintaan untuk sharing dari kamu atau tidak. Intinya sih fitur ini lebih “menghidupkan” devices Android gitu karena mereka bisa saling terhubung, berbagi, dan melakukan hal-hal lainnya, tentunya dengan persetujuan sang pengguna, yaitu kamu sendiri bero.

nexusae0_wm_Screenshot_2014-06-03-20-10-07_thumb

Tapi kok Google bisa menciptakan fitur kayak gitu yah? Mungkin ini ada hubungannya dengan akuisisi yang dilakukan Google terhadap Bump dan juga SlickLogin. Yang perlu kamu ketahui nih bero, kalo Bump tu merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan Android untuk bisa saling berbagi informasi jika ditempelkan dengan devices Android yang lainnya. Sedangkan SlickLogin merupakan sebuah layanan aplikasi yang dapat menggunakan suara yang tidak bisa didengar manusia, Wi-Fi, dan Bluetooth untuk melakukan otentifikasi password. Nah fitur Nearby akan menggabungkan kedua teknologi tersebut bero, tentunya dengan pengembangan yang sudah dilakukan oleh Google.

Teknologi Bump akan dicomot agar devices Android bisa saling berbagi informasi dengan devices Android di sekitarnya dan teknologi SlickLogin akan dicomot agar antara devices Android yang satu dengan yang lainnya bisa saling “ping” tanpa didengar oleh manusia agar mereka bisa saling terhubung.

Penasaran juga nih bakalan kayak gimana fitur anyar dari Google tersebut, semoga aja sebentar lagi udah ada di Google Play ya bero. Amin

Gambar: Aplikasi Google diĀ  Hape Alexander Supertramp / Shutterstock.com

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.