ASUS Zenfone Max Pro M2

Smartphone Pertama di Dunia Ternyata Udah Berumur 20 Tahun Loh

Radityo | Teknologi | 19 Aug, 2014

NGONOO.com ~ Perkembangan telepon genggam atau hape dari masa ke masa udah mengalami banyak banget perubahan ya bero. Dari model dan fitur yang sangat minimalis, sampai model dan fitur yang sekarang udah keren banget. Tapi kalo berbicara soal model sih, hape pada tahun 2000an mempunyai bentuk yang variatif dan juga aneh-aneh, beda sama sekarang yang cuma berbentuk persegi panjang dengan layar sentuh yang lebar.Tentunya nih bero, hape pintar atau smartphone jaman dulu juga udah dianggap pintar loh dengan segala macam teknologi dan fiturnya. Tapi ya kalo dibandingin sama teknologi dan fitur hape pintar jaman sekarang emang kalah canggih bero.

Ini IBM Simon

Ini IBM Simon

Dan kalian tau gak bero kalo hape pintar pertama jaman dulu dibuat di Amerika, dan berhasil mencapai angka penjualan sebanyak 50.00 unit serta dapat dioperasikan dalam jaringan di 15 negara bagian di Amerika. Emang hape pintar pertama jaman dulu namanya apa sih? Hape pintar jaman dulu tuh punya nama IBM Simon Personal Communicator. IBM Simon dulu dirilis secara resmi pada tanggal 16 Agustus 1994, dan sekarang udah berumur 20 tahun.

Eh tapi IBM Simon ini secanggih apa sih? Menurut info sih, hape ini termasuk hape yang populer di kalangan para bisnismen, karena hape ini punya beberapa fitur yang termasuk oke pada masanya. Fitur-fitur yang ada di IBM Simon ini seperti kalendar, email, bisa terkoneksi dengan mesin fax, menawarkan aplikasi software dan tentunya bisa buat nelpon.

Hape IBM Simon ini juga udah dilengkapi sama green LCD display dan juga pen stylus loh bero, mesti orang-orang pada jaman itu udah gumun atau heran kok hape bisa ditunyuk-tunyuk pake bolpen. Hape ini juga punya bobot seberat 500 gram, lebih berat dari iPad Air. Pada masanya hape IBM Simon ini dibanderol dengan harga $899, kalo diitung kurs jaman sekarang ya kurang lebih sekitar $1400.

Kedengarannya fiturnya biasa banget ya bero, tapi mungkin pada masanya dulu hape tersebut udah bisa dibilang hape pintar. Omong-omong, selamat ulang tahun yang ke 20 tahun IBM Simon, ditunggu pesta makan-makannya ya.

gambar: Hape Pintar IBM Simon via Research Microsoft