Koleksi Foto di iOS 8 Ilang? Tenang Dulu Gais

Kalian yang punya iDevice udah upgrade ke iOS 8 belum gais? Soalnya iOS 8 ini memberikan banyak perubahan loh, seperti perubahan pada menu Photo. Seperti yang kita ketahui bersama kalo semua hasil jepretan yang kita lakukan pake iDevice masuknya atau disimpannya di Photo, atau lebih tepatnya di album Camera Roll. Nah ini dia masalahnya gais, pada iOS 8 Apple menghilangkan album Camera Roll. Lha terus isi foto-fotonya pada kemana dong?

Kalo kalian masuk ke menu Photo kalian gak akan bisa menemukan album Camera Roll lagi, malahan kalian akan menemukan album Recently Added, Panoramas, Video, Bursts, dan Recently Deleted, atau album lain yang isinya foto-foto yang pernah kalian share dari aplikasi semacam Instagram.

Album Recently Added emang berisi foto-foto, namun hanya foto-foto yang kalian ambil dalam jangka waktu 30 hari terakhir. Album Recently Deleted berisi foto-foto yang kalian hapus dalam jangka waktu 30 hari terakhir. Masalahnya adalah dimana foto-foto yang lainnya yang selama ini kalian ambil? Apakah ilang gitu aja atau gimana ya? Hal ini tentu aja membuat beberapa orang dag dig dug, soalnya foto kan bisa dibilang perjalanan hidup gitu ya gais, yah buat kenang-kenangan jaman dulu gitu, kalo ilang gitu aja kan bikin frutasi juga.

Tapi tenang gais, foto-foto yang ada di album Camera Roll gak ilang kok, jadi koleksi foto-foto kalian aman. Foto-foto yang ada di album Camera Roll cuma pindah tempat aja. Foto-foto tersebut pindah ke lokasi berbeda di dalam menu Photo, atau lebih tepatnya di dalam Collection. Album Collection berisi semua foto yang pernah kalian ambil, dan kalian bisa tetep menyimpan foto-foto tersebut atau menyimpan beberapa aja dan menghapus yang lainnya, kayak foto mantan calon gebetan gitu kan gak penting ya gais, jadi bisa dihapus aja.

Koleksi Foto di Album Collection
Koleksi Foto di Album Collection via Mashable

Kalian bisa membuat folder baru untuk menyimpan foto-foto tersebut, caranya tinggal tekan tombol + lalu memberi nama folder tersebut. Jika udah kalian bisa memindahkan foto-foto yang kalian pengen ke dalam folder baru tersebut. Tapi jika kalian capek mindahin foto satu persatu, maka ada aplikasi yang bisa kalian gunakan.

Aplikasi tersebut namanya adalah MyRoll, dengan aplikasi ini kalian bisa mengorganisasi semua foto dengan mudah. Yang paling oke nih, aplikasi MyRoll ini bener-bener mirip sama Camera Roll bawaannya Apple. Kalo kalian tertarik sama aplikasi ini bisa kalian download di Apple Store, klik aja link ini gais, gretongan kok.

Aplikasi MyRoll
Aplikasi MyRoll via App Store

gambar: Cewek Lagi Motret Pake iPhone via Shutterstock

Response (1)

  1. untunge aku pas arepe apdit, wis mbekap foto2 ndik komputer. pas ilang, aku tenang2 saja. Trus saiki tambah tenang maneh soale moco postingan iki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.