Battle Apple iPad Air 2 Vs Google Nexus 9, Juara Mana?

  • Share

NGONOO.com – Google merilis dua perangkat berupa Nexus 6 dan Nexus 9. Sedangkan Apple, juga merilis Apple iPad Mini 3 dan Apple iPad Air 2. Nexus 6 itu kan smartphone, jadi sementara kita singkirin dulu. Kini gimana kalau Nexus 9 diadu sama Apple iPad Air 2? Kira-kira juara mana sih ya?Karena barangnya belom ada, ya minimal kita bisa raba-raba dulu spesifikasinya. Buat pertimbangan mau meminang mana untuk jadi pendamping hidupmu. Barangkali ada penguna Android yang pengen icip iPad Air 2, atau sebaliknya pengguna iPad pengen icip Nexus 9?

Apple iPad Air 2 Vs Google Nexus 9

Design

Desain Apple iPad Air 2 Vs Google Nexus 9
Desain Apple iPad Air 2 Vs Google Nexus 9

Gambar : Desain iPad Air 2 Vs Nexus 9 Via ChinaTopix

Ngomongin soal desain, keduanya punya desain ciamik kok. iPad Air 2 ya udah jelas lah, kini tampil lebih ramping dari geenrasi sebelumnya. Desain ramping, bahan aluminium tipis, sudah menjadi ciri Apple. Jadi sebenarnya selain tambah tipis dan ramping, desain Apple iPad Air 2 tidak terlalu berubah. Sementara Google Nexus 9, sebelumnya digarap Asus dan kini digarap sama HTC, salah satu perusahaan yang terkenal bikin desain keren untuk ponsel flagship semacem HTC One. Tablet ini juga make frame aluminium, meski gak seluruh bodinya. Terus, ada tambahan sepasang speaker BoomSound yang bikin enak-enak.

Tapi buat yang suka tipis-tipis, jelas ini iPad Air 2 menang. Tipisnya Air 2 itu cuman 6.1 mm, yang sekarang jadi pemilik gelar sebagai tablet tertipis di dunia. Sedangkan Google Nexus 9, tebelnya 7.95 mm.  iPad Air 2 juga memiliki fitur terkini yang lagi ngetrend, Touch ID.

Display

Display Google Nexus 9
Display Google Nexus 9

Gambar : Display Google Nexus 9 Via PhoneArena

Waini, kalau ke display udah beda lagi, meskipun ada samanya sih, yaitu sama-sama pake layar IPS LCD. Resolusinya juga sama, yaitu 2048 x 1536 piksel. Tapi, gede layarnya beda. Nexus 9 punya layar 8.9 inci, sedangkan iPad Air layarnya 9.7 inci. Besar layar ini bisa jadi pertimbangan sendiri. Pengen lebih besar, ya jelas iPad Air 2 itu. Imbasnya, tingkat kepadatan piksel keduanya juga berbeda. Nexus 9 dengan~288 ppi (pixels per inch), dan iPad Air 2 dengan ~264 ppi. Secara teori itu, layar Nexus 9 akan lebih tajem karena pixels nya lebih padet. Tapi real nya, bisa jadi berubah karena belum ditest akurasi warna, kecerahan maksimum, suhu warna, dan lain-lain.

Masih dari display, Apple Air 2 punya fitur anti-reflective coating, sedangkan Google Nexus 9 dilapisi Corning Gorilla Glass 3.

Hardware

Hardware Apple iPad Air 2 Vs Google Nexus 9
Hardware Apple iPad Air 2 Vs Google Nexus 9

Gambar : NVIDIA Tegra K1 Vs Apple A8X Via PhoneArena

Soal hardware nih, Google Nexus 9 juga gak bisa dipandang sebelah mata. Doi pake NVIDIA Tegra K1, prosesor dual-core Denver 64 bit dengan clock speed sampe 2.4 GHz. GPU on boardnya menggunakan Kepler DX1. Meskipun cuman dual core alias dua inti prosesor, tapi kinerjanya menurut bocoran Geekbench yang baru sih joss markojoss. Skor untuk kinerja single core nya bero, mencapai 1.903 poin. Itu hampir mirip dengan skor yang didapat untuk Mac Pro tahun 2012 yaitu 1.925 poin. Google Nexus 9 juga punya RAM sebesar 2 GB, yang udah lazim dipakai untuk perangkat Android kelas menengah keatas.

Hardware Nexus 9
Hardware Nexus 9

Gambar : Screenshot test HTC Volantis aka Nexus 9 by Geekbench

Di sisi lain bero, Apple iPad Air 2 menggunakan chip Apple A8X, sama-sama dual core dan sama juga udah 64 bit dengan clock speed nya 2.2 GHz. Menggunakan arsitektur ARMv8-a, chip A8X ini merupakan perbaikan dari versi A8 yang ada di iPhone 6, diklaim 40 % lebih wuzz wuzz dari A7X (generasi sebelumnya). Kalau urusan RAM, Apple masih setia pake RAM 1 GB aja. Meski cuma pake 1 GB, tapi emang optimasi iOS ini ga perlu terlalu banyak membutuhkan memori sehingga mungkin aja pengalaman pengguna nya gak akan begitu kerasa jauh dengan RAM lebih besar dari OS lain. Kurang lebih si gitu.

Kamera

Kamera kedua tablet ini sama sih, 8 MP dengan LED dan Aperture f/2.4. Rekaman videonya juga bisa nyampe kualitas 1080p. Perbedaannya ada di kamera depan. Nexus 9 pake 1.6 MP, sementara Apple iPad Air 2 pake yang 1.2 MP. Tapi, aperture kamera depan di iPad Air 2 itu f/2.2, sehingga memungkinkan cahaya yang masuk lebih banyak. Dari situ, Apple berani jamin dikau bakal dapat kualitas video facetime yang lebih enak enak. Kalau hasil kamera keduanya tetep kita tunggu sampling nya ajah.

Harga

Untuk harga, $100 lebih mahal iPad Air 2 dibanding Nexus 9. Di Amazon, Nexus 9 udah mulai dijual dengan harga $399 untuk versi 16 GB Wi-FI only. Sementera versi iPad Air 2 Wi-Fi only 16 GB, dijual $499.

Jadi kalau soal juara, kamu yang nentuin bero, karena sebenarnya kalau dibikin head to head, agak susah juga karena beda di harga pula. Jadi ya tetep tergantung kebutuhan dan kepercayaan kamu.

Gambar : Orang pegang iPad Via ShutterStock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.