ASUS Zenfone Max Pro M2

Bikin Kaos Pake Semprotan Cat, Emang Bisa??

Radityo | Teknologi | 10 Oct, 2014

Nih satu lagi bukti kalo perkembangan jaman emang udah merambah ke berbagai aspek kehidupan manusia gais, termasuk dalam kehidupan dunia fesyen. Dunia fesyen gak bisa lepas sama dunia jahit menjahit, soalnya kalo mau bikin baju pasti harus dijahit terlebih dahulu. Perkembangan dunia jahit menjahit juga bisa dibilang maju, bahkan untuk saat ini udah maju banget.

Seperti yang udah diketahui bersama kalo jaman dulu menjahit cuma bisa dilakukan manual pake tangan, terus berkembang dengan mesin jahit yang pake mesin tapi masih sederhana. Tercatat mesin jahit pertama adalah buatan Singer, mungkin orang tua kalian ada yang masih punya mesin jahit merek ini gais, karena emang sampe sekarang masih menjadi yang pertama di dunia permesin jahitan.

Mesin jahit sendiri juga mengalami perkembangan, dulu kan mesin jahit masih sederhana banget prosesnya, itu loh yang kakinya harus digerakin naik-turun dulu baru nanti bisa mesinnya bisa menjahit. Lalu setelah itu ada mesin jahit dengan mesin, yang gak perlu lagi menggerakan manual pake kaki. Jaman sekarang sih, mesin jahit mesin ini tergolong masih modern gais, tapi masih ada yang lebih modern lagi.

Mesin Jahit Jaman Dulu

Mesin Jahit Jaman Dulu via Shutterstock

Wah kayak gimana ya yang lebih modern lagi? Jadi di Spanyol sana ada seorang fesyen desainer yang bernama Manel Torres. Entah om Manel ini sodaraan sama Fernando Torres pemain AC Milan itu apa gak saya juga gak tau. Yang jelas om Manel nemuin satu cara baru untuk membuat kaos dengan cara yang sangat luar biasa dan gak kepikiran sama orang lain. Mesti pada penasaran kan gais gimana cara bikinnya?

Coba aja bayangin, om Manel bikin kaos dengan alat semprot yang dipakai buat ngecat kendaraan. Prosesnya adalah sang model harus telanjang dada dulu, lalu badannya disemprot pake cat khusus membentuk bentuk kaos. Yang harus diinget nih, nyemprotnya harus rata biar nanti kalo kaosnya dah jadi gak bolong-bolong kayak saringan. Selain itu bulu ketek haruslah dicukur sampai habis. Gak mungkin juga kan kalo nanti udah jadi terus kaosnya yang bagian ketek ada “glambir-glambirnya” membentuk bulu ketek, kan “nggilani” ya gais.

Daripada kalian penasaran nih liat aja pideonya, monggo ditonton gais

Sangar banget ya gais bikin kaosnya, kok ya bisa kepikiran bikin kaos dengan cara disemprot kayak gitu. Tapi usut punya usut, om Manel gak bekerja sendirian aja, doi bekerjasama dengan scientists asal Imperial College London sana untuk membuat bahan cat dari campuran bahan polimer dan fiber yang diproses sedemikian rupa sehingga nanti kalo udah kering bisa jadi kaos. Dan menurut om Manel, cat tersebut sangat aman untuk disemprotkan langsung di kulit, gak akan menimbulkan efek samping. Katanya sih pas disemprot kena kulit rasanya adem.

Terhitung membutuhkan waktu sekitar 15 menit agar cat yang disemprotkan tadi mengering dan bisa jadi kaos. Penemuan ini bener-bener emejing kalo menurut saya. Kalo ada bukaan pegawai buat nyemprotin catnya saya mau daftar ah, kan pasti ada model ceweknya gitu, hehehe.

gambar: Nyemprot Cat Pake Alat Semprot via Shutterstock