Inilah “NEXTAGE” Robot Barista Pertama Di Dunia Buatan Jepang

  • Share

Keberadaan manusia semakin terancam, karena Kawada salah satu radi ratusan perusahaan pembuat robot ternama di Jepang membuat sebuat robot yang berjalan layaknya barista yang bernama  “NEXTAGE” . Semua itu terlihat dalam acara Robot Week yang berlansung di Jepang belum lama ini. Dalam suatu sesi terlihat  “NEXTAGE” nama robot itu membuat segelas kopi layaknya barista propesional. Namun kalau dilihat dari video youtube,  “NEXTAGE” bekerja masih sangat lambat. Membutuhkan waktu 2 menit untuk membuat segelas kopi.

“NEXTAGE”  dibandrol sekitar $ 100.000, tentunya sangat mahal untuk ukuran barista yang belum begitu pasti cocok kopi buatannya. Tujuan Kawada membuat robot ini sendiri bukannya untuk menggantikan posisi manusia akan tetapi akan berdampingan dengan manusia. Bayangin aja kalau besok nantinya semua Barista didunia ini adalah robot serem juga mungkin.

Namun disisi lain  mempekerjakan Nextage atas manusia berpotensi memotong biaya sumber daya manusia. Dan Nextage tidak akan membentuk serikat pekerja atau memerlukan cuti hamil atau menuduh bos nya pelecehan seksual.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.