ASUS Zenfone Max Pro M2

Ajaib! Ternyata Domba sama Kambing itu Berbeda!

Aam Krisnadi | Hiburan | 04 Oct, 2014

Hari ini Sapi, Kambing dan Domba menjadi trending topik perbincangan di Indonesia. Ini karena hari ini (dan juga besok) bertepatan dengan hari raya Idul Adha yang tentu saja di sekitar Masjid-Masjid akan ada banyak sekali hewan-hewan yang disebutkan diatas disembelih untuk dijadikan Kurban.

Tapi apakah kamu tau ngga kalo Domba sama Kambing itu berbeda?

Dari survey yang saya lakukan, ternyata masih ada beberapa orang yang ngga bisa bedain mana Kambing dan mana Domba, tapi meski begitu saya bersyukur karena dari para peserta survei ternyata masih bisa membedakan antara Sapi dan Kambing atau Sapi dan Domba.. Alhamdulillah..

Lha daripada kamu ikutan bingung membedakan mana kambing dan mana domba, berikut ini saya tuliskan Perbedaan Antara Kambing dan Domba dari berbagai aspek.

Dari Bulunya

Yang paling terlihat perbedaan antara kedua hewan tersebut adalah pada bagian bulunya. Kambing mempunyai bulu yang lebih tipis, sedangkan Domba bulunya tebal dan griwuk-griwuk.

Dari Ekor dan Telinganya

Kambing dan Domba sebenernya mempunyai bentuk yang mirip. Tapi bagaimanapun juga mereka ini adalah 2 hewan yang berbeda. Secara fisik yang paling terlihat adalah ekornya. Kalo Domba ekornya terjulur ke bawah, sedangkan Kambing ekornya terjulur ke atas.

Dari sisi telinga pun berbeda, kalo kambing telinganya terjulur ke bawah dan panjang, sedangkan Domba telinganya tidak panjang tapi tegak.

Lha kamu suka yang mana? Yang panjang tapi nglawer? Atau yang pendek tapi tegak? Hemm..

Dari Tanduknya

Sebagian Kambing mempunyai tanduk yang mengarah ke atas dan kesamping dan bentuknya tidak melengkung. Kalo domba tanduknya melengkung bahkan bisa sampai memutar beberapa lap.

Iwak wedhus

 

 

Dari Makanannya

Domba lebih senang makan rumput yang ada di permukaan tanah, sedangkan Kambing juga suka itu.. tapi kambing juga suka makan dedaunan dan ranting pohon yang masih muda, Domba ngga suka.

Dari Perilakunya

Domba lebih senang bergerombol dengan kawanan mereka dan jarang menyendiri, ada kemungkinan para Domba inipun dalam memutuskan suatu masalah akan melakukan musyawarah secara mufakat.

Berbeda dengan Kambing, dimana mereka juga bisa berkelompok, namun tidak menjadi masalah jika mereka haris sendiri.. Memang ada suatu masa atau waktu dimana kita harus menyendiri dan jauh dari keramaian, dan Kambing paham itu.

Dari Bahasanya

Bahasa Inggris Domba adalah Sheep, sedangkan Kambing adalah Goat.

Dengan begitu Oh my goat adalah menyebut Kambing, bukan Domba. Karena kalo menyebut Domba jadinya Oh my Sheep.. Ngga lucu sih.

Dari Lagu dan Peribahasa

Dalam hal Karya Sastra, Kambing kalah populer dibandingkan dengan Domba. Ini karena jarang sekali Kambing muncul dalam sebuah lagu ataupun peribahasa.

Beda hal dengan Domba yang udah terkenal sejak era tahun 80’an karena lagunya Rhoma Irama berjudul Adu Domba. Domba pun bertambah populer karena ada peribahasa yang menyebut Serigala Berbulu Domba.

Sampai tulisan ini dipublish belum ada usaha dari Kambing untuk menyaingi lagu Adu Domba menjadi Adu Kambing atau membuat peribahasa Serigala berbulu Kambing. Kasian.. 🙁