ASUS Zenfone Max Pro M2

Pake Bahan Ini Biar Daging Bisa Empuk

Radityo | Hiburan | 06 Oct, 2014

Hari Raya Kurban saat ini pastilah daging kambing dan daging sapi bersliweran di rumah kita. Dan buat beberapa hari kedepan pasti di hampir semua rumah mempunyai bahan masakan yang sama, apalagi kalo bukan daging. Masakan dari bahan daging sih banyak banget ya gais, bisa sate, tongseng, gule, rendang, sop, dan masakan yang lainnya. Duh bayangin masakan kayak tadi malah bikin ngiler aja.

Mengolah daging juga susah susah gampang gais, kalo udah yang expert kayak chef gitu ya gampang aja ngolah dagingnya, tapi kalo yang amatiran dan gak bisa masak ya bakalan kesusahan buat mengolah daging. Tentunya sebelum diolah lebih lanjut, daging haruslah dipersiapkan secara lebih seksama agar pas nanti diolah bisa lebih maknyus lagi. Daging kambing atau daging sapi kan alot ya gais, atau belum empuk. Kalo mau empuk ya harus diolah dulu.

Banyak cara yang bisa dilakukan biar daging kambing atau daging sapi bisa empuk, baik itu direbus terlebih dahulu maupun direndam dengan bahan tertentu. Nah berhubung dalam beberapa hari kedepan olahan daging akan menjadi menu utama, gak ada salahnya kalo sobat NGONOO dikasih tau bahan-bahan apa aja yang bisa bikin daging kambing dan daging sapi jadi empuk. Bahan-bahan berikut ini sangat gampang ditemukan, bahkan ada beberapa bahan yang pasti selalu ada di rumah-rumah kalian.

1. Teh

Air Teh

Air Teh via Shutterstock

Bahan yang satu ini pasti selalu ada di rumah kalian. Sapa sih yang gak suka minum teh, baik di waktu pagi hari maupun di sore hari menjelang malam. Selain baik untuk tubuh, ternyata teh bisa membuat daging kambing atau daging sapi lebih empuk loh gais. Caranya juga mudah kok, kalian cukup merendam daging kambing atau daging sapi ke dalam air teh. Tentunya tehnya harus direndam di air mateng terlebih dahulu, jangan air mentah ya gais, dan harus kental. Nah setelah nanti air rendaman teh udah mengental dan airnya udah berubah menjadi merah gelap, kalian tinggal merendam daging sampai daging tersebut menjadi empuk. Daging yang direndam dengan air teh ini ternyata juga bisa bikin daging rasanya agak asin, dan pastinya setelah diolah lebih lanjut nanti akan menjadi sangat enak.

2. Air Soda

Air Soda

Air Soda via Shutterstock

Air Soda selain bikin semriwing pas lagi sendawa ternyata juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging. Sebaiknya gunakan air soda yang biasa aja, bukan yang untuk diet dan jangan yang mempunyai rasa. Itu loh pakai air soda yang warnanya putih yang dipakai untuk bikin soda gembira. Daging kambing atau daging sapi bisa direndam di air soda kurang lebih 30 menitan, atau bisa juga terserah kalian gais, yang penting daging udah kalian rasa empuk ya udah. Dan satu lagi tipsnya, usahakan merendam daging ke dalam air soda dengan menggunakan wadah yang terbuat dari kaca biar hasilnya bisa maksimal.

3. Jahe

Jahe Lagi Diparut

Jahe Lagi Diparut via Shutterstock

Jahe emang serbaguna ya gais, soalnya bisa dibikin minuman atau wedhang, bisa untuk bikin jamu, bisa untuk campuran bahan masakan, dan kegunaan yang lainnya. Nah kegunaan yang lainnya ini termasuk bisa juga dipakai untuk membuat daging kambing atau daging sapi menjadi empuk. Caranya jahe diparut terlebih dahulu, parut yang banyak gais, jangan cuma seiprit. Kalo udah parutan jahe tersebut ditaruh di wadah dan masukan air sedikit aja, lalu tinggal masukan daging yang akan direndam. Tentunya selain bisa bikin empuk, jahe juga bisa bikin bau prengus daging menghilang. Mungkin kalian yang mempunyai masalah bau badan bisa mandi pakai air parutan jahe gais, sapa tau badan kalian bisa jadi wangi. Who knows?

4. Kopi

Kopi Item

Kopi Item via Shutterstock

Kalo diluar negeri sana daging direndam pake wine atau anggur, tapi berhubung wine terlalu mahal dan terlalu eman-eman kalo cuma buat merendam daging alangkah baiknya jika kalian pakai kopi aja. Kopi selain rasanya enak, ternyata bisa dipakai juga buat mengempukkan daging. Pertama-tama kalian bikin kopi kental terlebih dahulu, gak usah pakai gula gais karena gak akan diminum. Kalo kopi kentalnya udah jadi jangan diminum loh ya, inget kopi tersebut buat merendam daging. Taruh aja kopi tersebut kedalam wadah, lalu tinggal masukkan daging ke dalamnya. Waktu untuk merendam daging dengan air kopi ini lumayan lama juga gais, karena harus direndam selama 24 jam sampai daging menjadi empuk.

Nah itu dia gais bahan-bahan yang bisa kalian manfaatkan untuk mengempukkan daging. Selamat mencoba dan selamat memasak daging, inget jangan banyak-banyak makan daging kambing nanti ndak kolesterolnya naik.

gambar: Steak Daging Enyaak via Shutterstock