Melawan Ebola dengan Ponsel Pintar

  • Share

Saat ini, salah satu penyakit yang tengah menjadi sorotan dunia, yaitu Ebola sudah semakin mengkhawatirkan. Hal ini terlihat dari banyaknya korban yang sudah meninggal dunia karena penyakit tersebut. Berbagai kalangan bahu membahu untuk membantu mengatasi Negara yang menjadi endemik penyakit tersebut, khususnya di kawasan Afrika sono. Tidak mau ketinggalan untuk memberikan yang terbaik buat kemanusiaan, salah seorang pendiri Microsoft, Paul Allen, yang juga teman Bill Gates, bakal menyiapkan ribuan ponsel pintar untuk para relawan yang bertugas membantu penanganan virus mematikan tersebut.

Jumlah ponsel pintar yang disiapkan pun tidak tanggung tanggung mas bero, hampir mencapai 10.000 unit. Dan salah satu kelebihan dan fungsi yang ditonjolkan oleh ponsel pintar tersebut adalah mampu memberikan data data yang di dapat di lapangan, kemudian mengirimkan data tersebut ke PBB. Dan yang lebih canggih lagi, data tersebut dikirimkan melalui jaringan Wi-Fi khusus yang juga dirancang untuk kegiatan tersebut, sehingga bantuan yang dibutuhkan dapat dikirim dengan cepat, sehingga jumlah penderita diharapkan bisa diminimalisir.

Waspada ebola.
Waspada ebola.

Ide datangnya penyediaan ponsel pintar dan jaringan berbasis Wi-Fi ini dikarenakan daerah endemik Ebola sangat sulit sekali untuk dijangkau sarana telekomunikasi. Bagaimana tidak mas bero, hanya untuk mengirimkan data atau menelepon saja dibutuhkan waktu yang cukup lama, dan jaringan yang sangat tidak mendukung. Demikian diungkapkan oleh salah satu CEO NetHope, yaitu sebuah lembaga kemanusiaan independen yang khusus memberikan bantuan untuk komunikasi bagi daerah daerah yang benar benar membutuhkan.

Dan yang lebih menginspirasi lagi, selain membantu dengan ribuan ponsel pintar untuk penanganan Ebola, salah satu pendiri Microsoft ini juga membangun sebuah situs kemanusiaan yang bertujuan untuk memfasilitasi bagi semua orang yang ingin membantu penanganan Ebola melalui situs yang dibuatnya, yaitu di TackleEbola.com. Yuk teman teman, kita ikut bantu mereka?

Gambar : Ilustrasi Ebola via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.