Cara Ngedit template Artisteer Biar Responsive

Aneka fitur di artister.

Gimana mas bero semua kabarnya? Masih rajin ngeblog dan nulis nulis artikel kah? Mungkin diantara mas bero semua, ada yang sering bikin template pake artisteer ga nih? Itu loh, sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat template website, bisa berbasis WordPress, Blogspot, Weebly, dan beberapa platform lainnya. Nah, kali ini ane akan berbagi tips nih mas bero, gimana caranya biar website kamu bisa responsive, dan bisa dilihat melalui perangkat mobile dengan tampilan yang lebih nyaman dan bisa di zoom in atau zoom out.

Tips ini ane share berdasarkan pengalaman ane kemaren, waktu disuruh bikin website berbasis wordpress, nah pas di cek via perangkat mobile, kok tampilannya gede gede banget, ga nyamanlah pokoknya kalo diliat via perangkat mobile. Saat ini, saya sempet bingung juga, secara saya belajar bikin website juga otodidak. Kalo buat yang mahir coding mungkin no problemo, tinggal klak klik, beres dech.

Buat mas bero yang pernah dan pingin nyobain bikin template pake artisteer, dan biar nanti hasilnya bisa dinikmati di aneka smartphone atau gadget, begini nih tips sederhananya. Oh iya, tips ini hanya saya coba untuk template yang berbasis wordpress aja ya bero, kalo untuk platform yang lain belum pernah ane coba. Saya asumsikan mas bero udah punya website berbasis wordpress, dan templatenya harus dibuat pake aplikasi artisteer, jadi bukan template wordpress yang lain ya.

Langkah pertama

Setelah mas bero login, dan berada di dashboard, klik menu appearance, terus cari tuh menu editor. Nah, di menu editor tuh kan banyak pilihan ya bero, ada footer, header, comment, css style sheet, dan lain lain. Nah untuk melakukan editing agar tampilannya mobiel friendly dan responsive, silakan pilih menu header. Untuk tampilan yang belum di edit dan belum responsive, maka code html untuk header nya biasanya seperti ini nih bero, saya tampilkan untuk bagian yang akan di edit aja ya, liat gambar dibawah ini.

Cara edit template artisteer.
Cara edit template artisteer.

Yang harus mas bero perhatiin adalah nilai yang ada di lingkaran tersebut. Tampilan tersebut masih original template, dan belum mobile friendly, atau belum responsive, jadi masih terlihat gede gede kalo diliat melalui perangkat mobile. Dan jangan lupa, menu yang di edit adalah bagian header ya bero, di bagian appearance, jangan bagian lainnya.

Langkah kedua

Untuk mendapatkan tampilan yang mobile friendly dan bisa responsive, maka mas bero perlu mengganti nilai yang ada dalam lingkaran tersebut seperti yang terlihat pada langkah pertama, seperti ini nih penampakannya.

Cara sederhana edit template artisteer.
Cara sederhana edit template artisteer.

Untuk initial scale, kalo yang original template kan nilainya 1.0, nah disini mas bero bisa ganti tuh, misalnya 0.3, atau sesuai dengan tampilan yang diinginkan. Untuk mengetahui hasilnya memang harus di test dulu di mobile. Sedangkan untuk nilai maximum scale, template originalnya juga bernilai 1.0 tuh bero, nah disini sampeyan bisa ganti misalnya menjadi 4.0. Nilai ini fungsinya adalah untuk mengetahui, berapa maksimal zoom yang bero inginkan. Dan yang penting adalah yang satu ini nih bero, user scalable nya harus diganti menjadi “yes”. Kalo yang original kan masih posisi “no”. Oke mas bero, demikian sedikit tips sederhana berdasarkan pengalaman yang ane alami kemaren, tapi tips ini hanya khusus untuk mas bero yang menggunakan template wordpress dari artisteer ya, jadi bukan untuk template lain.

 

Responses (4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.