Daftar BPJS Bisa Lewat Internet

Kesehatan itu mahal harganya, itu kata-kata yang sering diucapkan orang. Dan memang betul lho bro sest. Coba cek deh pricelist dirumah sakit, mahal bingit. Sampai ada tuh istilah dibuku yang bilang kalau Orang Miskin dilarang sakit. Duh kasihan kan. Sudah sakit, eh tapi nggak boleh periksa gara-gara nggak punya uang. Atau ada uang tapi sudah buat jatah nikah misalnya. Udah lama jomblo, eh pas ada yang mau dinikah masak harus ada masalah lain. #eh

Padahal kalau sakit kan tidak bisa direncanakan, misal nih bulan ini nabung dulu deh soalnya bulan depan mau sakit. Visioner sekali, ya sayangnya tidak bisa kayak gitu.

Nah disini asuransi kesehatan bisa jadi jawaban masalah ini. Etapi ini bukan mau promo asuransi lho. Ini mau bahas tentang BPJS. Sudah tahu dong bero& sest tentang Kartu Bantuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). BPJS adalah program asuransi  dari pemerintah yang menjunjung tinggi asas gotong royong, yaitu subsidi silang untuk menjamin kesehatan rakyat Indonesia. Dengan kartu ini anggota bisa mendapat jaminan keseahatan, dengan membayar iuran perbulan sesuai fasilitas kesehatan yang diinginkan. Untuk layanan kelas III bayarnya Rp. 25.000 per orang /bulan. Kelas II Rp. 42.5000 per orang/bulan dan yang kelas I Rp. 59.500 per orang/bulan.

 

Kartu Wajib bagi rakyat Indonesia

Bero sest sudah punya belum kartu BPJS ini belum? Menurut Undang-undang BPJS no 14 : “Setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS”

Bagi yang belum punya? Tenang saja. Sekarang pendaftaran BPJS bisa lewat Internet alias via online. Buat bero sist yang sibuk, fasilitas ini tentu jadi jawaban kegundahan hati karena  jomblo dan belum daftar BPJS. Caranya gampang :

1. silahkan buka di : http://bpjs-kesehatan.go.id

2. Di web itu silahkan klik menu Layanan Peserta. Lalu pilih yang Pendaftaran Peserta.

bpjs1
Gambar Pilih Menu . Sumber : http://bpjs-kesehatan.go.id/

3. Akan muncul halaman pendaftaran. Ada informasi singkat disana, silahkan siapkan kartu KTP, KK, NPWP, Alamat Email dan Nomer Handphone. Jika sudah siap perlengkapannya, klik tombol Pendaftaran.

4. Muncul form seperti dibawah ini, silahkan isi sesuai dengan perlengkapan yang sudah disiapkan. Ingat, hati-hati isinya. Ada empat formulis yang dibedakan dimasing-masing tab, yaitu Identitas, Alamat, Fasilitas Kesehatan dan form Khusus WNA. Pastikan isi dengan benar dan jangan sampai ada yang ketinggalan ya.

bpjs3
Formulir pendaftaran BPJS. Sumber : http://bpjs-kesehatan.go.id/

5. Setelah memastikan semua terisi dengan benar, silahkan tekan tombol simpan. Jika mau daftakan anggota keluarga yang lain juga bisa kok, pilih tombol Registrasi Keluarga.

bpjs4
Daftar BPJS – Sumber : http://bpjs-kesehatan.go.id/

6. Jika sudah sila cek email. Akan ada email aktivasi pendaftaran. Klik link Aktivasi Pendaftaran.  Kalau sudah diklik, akan muncul halaman yang meminta kita bayar transfer iuran awal yang nilainya sesuai dengan layanan yang dipilih.

bpjs5
Aktivasi email BPJS . Sumber : http://bpjs-kesehatan.go.id/

7. Pembayaran bisa dilakukan di Bank Mandiri, BNI dan BRI dengan menunjukan lembar nomor Virtual Account yang didownload setelah proses aktivasi.

8. Kalau sudah bayar di Bank, sila kembali ke email aktivasi, dan klik aktivasi lagi. Dan kita sudah bisa cetak kartu e-ID BPJS.

bpjs6
Cetak kartu BPJS . Sumebr: http://bpjs-kesehatan.go.id/

Gini nih tampilan E-ID BPJS kita, yang bisa dituker dengan kartu BPJS ke kantor BPJS terdekat.

 

bpjs7
Kartu BPJS – sumber : http://bpjs-kesehatan.go.id/

 

Gampang kan? Nggak perlu pakai nunggu dan antre. Monggo daftar deh.  Kita tak pernah tau yang akan terjadi dimasa depan. Kayak penyakit ebola yang akhir-akhir ini lagi heboh konon katanya masuk ke Indonesia. Duh. . pokoke mas mbak kudu Eling & Waspodo dan semoga sehat-sehat terus. 

Gambar : Tombol asuransi laptop via Shutterstock

 

Responses (8)

  1. Dear pembaca,

    saya sudah 7 bulan aktif sebagai anggota BPJS, setiap bulan bayar di Bank Mandiri. Karena di daftarkan langsung ke kantor BPJS saya tidak pernah dapat email aktivasi.
    Mohon infonya bagaimana mencetak e-ID BPJS saya.

    Terima kasih
    Salam,
    ISFAN

  2. maaf sekarang BPJS Online tidak bisa lagi di pergunakan padahal saya sudah Validasi Kartu keluraga saya ke kependudukan catatan sipil ternyata sama saja hasil nya tidak memuaskan untuk layanan BPJS online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.