Arsip  

Pingin Tidurmu Nyenyak? Jangan Bawa Ponsel ke Tempat Tidur

Gangguan tidur karena ponsel.

Saat ini sulit sekali jika satu hari saja kita tidak megang smartphone. Secara, hampir semua aktivitas kita sehari hari saat ini bisa terbantu dengan adanya smartphone tuh mas bero. Mulai dari dengerin musik, belanja online, ngecek saldo tabungan, hiburan, nonton film, semuanya bisa dilakukan hanya melalui sebuah ponsel. Saking ga bisa lepasnya dari ponsel, sampai tidurpun saat ini bantalnya dari ponsel. Kecenderungan ini musti harus disikapi dengan hati hati, karena menurut beberapa penelitian, radiasi yang ditimbulkan oleh smartphone ternyata cukup serius, dan bahkan bisa menimbulkan gangguan kesehatan tuh mas bero, ngeri kan?

Selain itu, saat ini muncul kecenderungan baru, dimana banyak orang orang yang lebih menggunakan alarm ponsel untuk membangunkan tidur daripada menggunakan alarm konvensional dari jam beker. Kok bisa? Sebuah penelitian dari sekolah di Inggris menunjukkan bahwa, ternyata salah satu penyebab mengapa anak anak sulit tidur karena pada malam hari, ternyata mereka juga belum bisa lepas dari smartphone tersebut tuh mas bero, ya main game lah, dengerin musik, chatting, dan semua aktivitas yang langsung terhubung dengan internet.

Mengurangi radiasi ponsel.
Mengurangi radiasi ponsel.

Dari penelitian tersebut, ternyata 4 dari 10 anak anak sekolah di sono tidak bisa lepas dari smartphone, jadi sudah semacam kayak kecanduan gitulah bero. Bahaya kan kalo udah gini? Kondisi kecanduan internet bertambah parah ketika banyak aplikasi yang digandrungi oleh anak anak, bahkan orang dewasa. Sebut saja social media misalnya. Mungkin dari para pembaca disini juag mengalami, tiap menit, tiap detik, pasti dech selalu ngecek tuh status, baik di FB, Twitter, atau aplikasi sosial media lainnya. Boleh sih menggunakan perangkat smartphone dan juga aplikasi sosial media, tapi mbok iyao, jangan sampai keranjingan gitu, apalagi sampai mengganggu kesehatan mas bero and sist semua, karena kalo udah sakit, tuh ga murah.

Biar sobat semua terhindar dari efek buruk teknologi, paling tidak mengurangi kondisi yang kurang baik buat kesehatan, bisa dengan cara menjauhkan smartphone atau gadget menjelang tidur. Kita ga sadar mungkin jika dalam kondisi tidur sinyal dan radiasi smartphone akan terus berada di sekitar kita. Untuk itu, langkah sederhana adalah dengan mematikan gadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.