Konspirasi Hilangnya AirAsia QZ 8501 Bocor di Sebuah Forum Tiongkok

Logo Air Asia

NGONOO.com – Minggu, (28/12/14) AirAsia QZ 8501 dinyatakan hilang sebuah kejadian yang tak disangka-sangka kembali terjadi. Hilangnya kontak pesawat AirAsia QZ 8501, yang terbang dari Bandara Juanda, Surabaya menuju Singapura. Kontak terakhir dengan menara kontrol di Jakarta, tercatat pada pukul 06.17 WIB dan semenit kemudian sudah menghilang.

Penyebab hilangnya pesawat tersebut masih belum diketahui secara pasti. Tentu saja, hal ini mengingatkan kita akan kejadian serupa yang menimpa MH370 yang sampai saat ini entah dimana rimbanya. Berbagai spekulasi pun mulai mencuat. Faktor cuaca, kesamaan dengan MH370, bahkan sampai ada juga yang berspekulasi ISIS ada dibalik kejadian ini.

Yang menarik, ada sebuah peringatan oleh seseorang di Forum China yang kini ramai dibicarakan di situs Reddit. Tepat 13 hari sebelum kejadian hilangnya pesawat AirAsia QZ 8501, seseorang tersebut telah memberi peringatan agar tidak menggunakan pesawat AirAsia. Ini terkait dengan teori konspirasi yang sebelumnya juga ramai dibicarakan. Ya, kalau sudah berbau konspirasi memang cukup sulit. Jadi coba kita baca kembali peringatan yang diberikan oleh seseorang dengan akun LandLord di forum bbs.tianya.cn.

Diceritakan kembali oleh seorang pengguna Reddit bernama lolrus_bukkit, peringatan sang pengguna forum di China itu jelas isinya, yaitu pihak yang telah menjatuhkan MH370 juga sedang mengincar Airline Malaysia lainnya. Tujuannya untuk menghancurkan industri penerbangan Malaysia atau semacamnya, dan itu semua ada kaitannya dengan US.

Postingan original di forum China tersebut, tertanggal 15 Desember 2014 dan banyak komentar yang mengatakan bahwa LandLord itu gendeng. LandLord sempat melakukan peringatan terus menerus, dan berhenti beberapa hari kemudian hingga tak ada postingan apapun, dan terjadilah kejadian hilangnya pesawat AirAsia QZ8501.

Pesawat AirAsia
Pesawat AirAsia

Gambar : Pesawat AirAsia Via ShutterStock

Posting asli berbahasa China, kemudian di translate oleh salah satu pengguna Reddit, dan dengan modal pas-pasan, daku coba kembali mentranslate ke dalam bahasa Indonesia yang mungkin saja banyak kesalahan.

Teori Konspirasi Hilangnya AirAsia

Black hand, (metafora untuk sebuah organisasi bayangan yang melakukan pekerjaan di balik layar) telah membajak dan menembak jatuh MH370 dan MH17. Kejadian ini cukup melumpuhkan salah satu maskapai penerbangan besar ke-6 dunia, Malaysia Airline. Sekarang, Black Hand sedang menargetkan AirAsia untuk merusak maskapai tersebut, yang juga milik Malaysia. Mengingat betapa dahsyatnya Black Hand, saya sarankan agar semua orang Tiongkok menghindari perjalanan dengan AirAsia, sehingga anda tidak menghilang (mengalami kejadian serupa) seperti yang terjadi pada MH370.

Anda bisa bahagia berlibur, bekerja, atau berlayar di atas kapal, tetapi jika anda pergi menggunakan Malaysia Airline atau AirAsia, kau akan mati, hati-hati. Katakan pesan ini kepada teman-teman anda untuk menghindari Malaysia Airline dan AirAsia.

Seseorang kemudian bertanya “Bagaimana kau tahu ini?”. Kemudian anggota forum lain juga ada yang menertawakan peringatan tersebut.

LandLord (user forum tersebut) kembali mengatakan peringatan seolah tak menghiraukan pengguna forum lainnya.

“Anda semua warga sipil, bisa menghindari (maskapai tersebut). Anda masih bisa bersembunyi, semua orang yang melihat posting ini masih bisa menyelamatkan diri. Setelah semuanya reda, akan aman melakukan perjalanan ke Malaysia. Jangan menjadi korban, menghindarlah.”

Setelah beberapa olok-olok, LandLord kembali mengulangi peringatannya.

“Jangan menjadi korban, bersembunyilah dan hindari Malaysia Airline dan AirAsia, dan kehidupan yang berharga, serta keamanan anda adalah yang terpenting.”

Kemudian, ia melanjutkan “Ini adalah pesan untuk menyelamatkan jiwa. Jika anda bepergian tidak menggunakan Malaysia Airline dan AirAsia, jangan abaikan ini. Setelah terjadi, anda akan menemukan peringatan ini sudah terlambat.”

Lagi, Landlord mengulangi peringatannya.

“Jangan menjadi korban, pergilah bersembunyi dan hindari Malaysia Airline dan AirAsia dengan kehidupan yang berharga, dan kemanana anda adalah yang terpenting.

Ketika banyak mengolok-olok, LandLord hanya membalas “Curigalah terhadap AS”.

Ia terus mengatakan bahwa peringatan itu penting, dan orang perlu mendengarkannya. Tetapi ada juga anggota forum yang mempercayai dan memilih menghindari maskapai tersebut. Setelah tanggal 17 Desember, LandLord tidak mengatakan apa-apa lagi.

Dalam sebuah komentar, ada pengunjung yang mengatakan bahwa kata “LandLord” adalah sebuah kesalahan penerjemahan yang dalam arti sebenarnya adalah “OP”.

Sang pembuat diskusi, lolrus_bukkit kemudian juga menginformsikan bahwa ada informasi dari berbagai situs China, bahwa orang yang memberi peringatan tersebut adalah seorang intelejen China, atau seorang hacker yang berhasil mendapatkan informasi sensitive dan berusaha menyelamatkan orang-orang.

Entah benar atau tidak, tetapi hingga kini nasib AirAsia QZ 8501 belum juga pasti. Tentu saja kita semua turut berduka, dan turut berharap agar nasibnya tak menyusul MH370 yang tak diketahui bagaimana endingnya.

Untuk posting yang lebih akurat, silahkan menuju ke link sumber dan via yang kami sertakan dibawah.

Di luar semua perbincangan soal teori konspirasi yang beredar di internet, mari kita berdoa semoga AirAsia QZ 8501 dapat segera ditemukan.

Gambar : Logo Air Asia Via ShutterStock

Responses (70)

  1. Kayaknya Kalo Diberi peringatan lebih baik jagn disepelekan , Kalo menurut saya pribadi Kemungkinan besar Seperti yang dikatakan @lolrus_bukkit ada benernya juga , karna seorang Hacker Bisa menembus pertahan cyber dan mencury informasi yang sangat penting

  2. Aku malah berfikiran lain, apa website itu memanfaatkan peristiwa dengan berpura-pura bikin Thread atau postingan yang di edit postingan pada tanggal 15, 16, dan 17 Desember 2014, sebenarnya dia buat postingan di tanggal 28 desember pas peristiwa lost contact dari airasia.

    Ya tujuannya biar Websitenya Ramai, karena ya itu sebagai Admin dari Forum, kita bisa meng-edit sendiri tanggal postingan dan Jam postingan. Ini Konspirasi dari Pribadi aku.

    Bagaimana tanggapan Kang Admin ?

    1. Ane juga ada pikiran seperti itu mbak, sama halnya prediksi sepakbola ditwitter dulu yang sempat heboh dengan membuat. Selama dalam bentuk konten yang bisa di edit dan hapus. Semua bisa dibuat

    2. postinbgan bisa di edit…masa semua comment dari user lain bisa di edit tanggal comnent nya.
      u get wht i mean?

      1. Ya jelas bisa lah
        Ibarat nya kalo admin/yg punya web ini mau hapus koment lo jg bisa
        Bego amat gtu aja gk tau :v

  3. Ketua BASARNAS mengatakan pesawat AIir Asia sekarang ada di dasar laut.Kalau semua instrumen tidak bekerja, kemungkinan telah terjadi LEDAKAN dan cockpit peswat terbang dan langsung meluncur kedalam laut.

  4. walah ada yang blg diculik alien buat nemenin penumpang MH370 yg lbh dl hlg, ada yg blg tumbal kemenangan jkw, ada jg yg blg konspirasi, waduhhhh bkn mkn bingung sj…mudah2an semuanya salah…mudah2an air asia segera diketemukan…

  5. apapun teori konspirasinya, biarlah retorika waktu yg akan menjawabnya dengan keselarasan imajinasi agar tidak terjadi pencitraan konflik.

    1. biarlah waktu yang menjawab dan saksikan apa yang akan terjadi pada maskapai penerbangan selanjutnya…

  6. gak mungkin hacker ganti tanggalnya..
    hacker punya kode etik juga . mereka haram
    hack waktu..dan dianggap banci oleh hacker lainnya..

    lagian itu jelas hilangnya pesawat juga aneh..
    dan semua penerbangan milik malaysia ..

    1. Ya bisa saja hacker banci… Kan loe jg ha tau siapa sesungguhnya hacker itu??? So banci or no, mental berobroooo….

  7. Saya baca dari artikel sampai komentar-komentarnya, segala hal bisa saja terjadi, tetapi, apapun bentuknya, yang paling terpenting adalah mari kita sama-sama berdoa, dari kalangan agama manapun kita, kita berdoa agar pesawar Air Asia segera di temukan, dan mudah-mudahan semua penumpangnya selamat, jikalau takdir berkehendak lain, minimal posisi pesawatnya ketemu. Berspekulan boleh, tapi sebaiknya yang santun dan tidak ada pihak yang jadi kambing hitam atas musibah ini, dan biarlah pihak yang berwenang yang menyelesaikanya jika ternyata ada “konspirasi” di balok semua ini. Ayo kita support beliau-beliau dengan doa kita.

  8. Bisa jadi suatu negeri yang hendak membuat kacau suasana dan mungkin suatu saat nanti maskapai lain akan menyusul di beri tanda peringatan, dan bisa jadi maskapai lain akan menikmati terbang tanpa halangan dari maskapai lain. Konspirasi politik-ekonomi. Bisa jadi. Tapi yang terpenting semoga pesawat segera ditemukan dan hal ini jangan sampai terjadi lagi.

  9. kalo toch teory konspiracy ini benar dan itu cukup masuk akal karena unsur bisnis saya sangat mengecam cara2 yang bertentangan dengan rasa prikemanusiaan dengan mengorbankan sejumlah nyawa tak berdosa terbungkus kabut mistery.
    saya melaknat pola pikir yg demikian keji terhadap nilai2 humanis smga menfapat balasan yg setimpal atas perbuatannya ,dan saya berharap kebenaran akan segera terungkap.

  10. Yang terpenting sekarang g ush muluk2 berandai2, at bikin teori konspirasi dll,,,,seharusnya kt menunjukkan rasa empati kita, beri dukungan, mendoakan,,,,bukan mlh memperkeruh suasana…betul g broow/sisttt

  11. Menurut saya pesawat tersebut di bajak.karena apa ?.kotak hitam hilang secara misterius.dan tidak terdeteksi radar.jika meledak atau tenggalam.psti masih terdeteksi.karena kotak hitam mampu menahan bnterun keras,tahan cuaca exatream walau pun trlalu dingin,dan tahan api hingga ratusan derajt C.juga bisa betahan di kedalaman 500 meter bawah laut.dan jeNazah atau puing2 yang d temukan adalah fikiran cerdas dari pembajak untuk menghilangkan jejak..trims

  12. Bisa jadi bener tu kata hacker nya. Soalnya amerika emang begitu.. Pengen jadi negara super power, mengubah trend dunia, sampe menyingkirkan yg menghalangi. Bahkan pesawat pak habibie yg skg cuma jd pajangan di ptdi, siapa ya pelaku nya?? Tapi balik lagi, ini cuma praduga.. Yg penting sekarang berdoa.

  13. konspirasi ??
    kadang benar kadang salah…
    jika terjadi saat ini itu adalah peringatan bg yg mengetahui namun sudah terlambat toh !!!
    bg yg tidak tau , anggap sbg musibah..

    bersabarlah bg smua keluarga korban..

  14. ane yakin lah kalopun itu bener konspirasi, pihak intel indonesia gak akan semudah itu membocorkan n pasti bakalan ngasih alibi lain. Kalo emang prediksi yg dikatakan mas mas dari china itu beneran hasil editan, bener kata mas dibawah, komentar syusyah diedit. Btw, ane cari cari black hand ko ngelink ke serbia mulu y? Admin udah diving tengang blackhand lum di hiddenweb?

  15. Hmmm… Tiongkok hackernya gw rasa nyambung juga,ini bukan masalah bener salahnya kita pisahkan soal musibah disini,gw rasa amerika ingin mematikan bisnis negara yang mayoritas muslim karena takut berkaitan dengan isis ditakutkan negara islam mensubsidi teroris untuk kepentingan jihad,jadi ini mmg rekayasa amerika,

  16. Ya semua serba mungkin, sekarang sudah diketemukan sebagian korban dan puing, kita lihat bersama gimana perkembangannya

  17. Maksudnha mau menghancurkan industri penerbangan malaysia gimana ya? Itu yg jatuh pesawat milik Indonesia Air Asia (QZ) bukan Malaysia Air Asia (AK).

  18. Maksudnmau menghancurkan industri penerbangan malaysia gimana ya? Itu yg jatuh pesawat milik Indonesia Air Asia (QZ) bukan Malaysia Air Asia (AK).

  19. Maksudnya mau menghancurkan industri penerbangan malaysia gimana ya? Itu yg jatuh pesawat milik Indonesia Air Asia (QZ) bukan Malaysia Air Asia (AK).

  20. klo gue sih berpikir negara itu pasti ada naik turunya.. malaysia itu dari dulu ngejek indonesia trus, yg bnjirlah yg ktnya negeri bencanalah trnportasi amburadulullah.. nah ini giliranya merasakan bagaimana klo di negerinya diguncang bencana dan musibah…soal konpirasi preeeetlah

  21. wah wah kalau bener y kebangetan tuh black hand..negara lain jadi kambing ireng…ambil sisi positip aja temen2 , keluarga kita dah ketemu apapun keadaannya

  22. Konspirasi yang lebih kejam dari kejadian ini pun banyak seperti perang dunia ke-1,ke-2, WTC, perang IRAK dsb.

  23. Aah ini mah cuma salah satu ajang adu domba,,,ΰϑªђ cukuplah dl kita di adu domba sama penjajah,jgn ngadu domba sesama bangsa indonesia sendiri,semua ajal dan lahir itu cm rahasia Tuhan YME,Чăπğ Чăπğ penting skrg kita doakan buat korban2 Чăπğ blom diketemukan,bkn malah mencari2 kenapa,apa,dan siapa dr musibah ini,jgn mengambil keuntungan dr musibah org lain

  24. Apa yg tdk bs dibuat USA?. Mendaratkan robot ke Mars saja bs…apalagi jk cuma menjatuhkan pesawat yg ada di bumi…tentu sangat kecil… Sangat mungkin teori konspirasi tsb benar. bagiamanan[un kami turut berduka bersama keluarga korban. Smg keluarga yg ditinggalkan tabah. Yg pergi bs tenang dan bahagia di sana.

  25. info terbaru Air Asia udah ditemukan oleh paranelayan, korbannya juga sudah beberapa dievakuasi…
    semoga keluarga yang menjadi korban diberi ketabahan,, amiiinn

  26. Jangan pernah kita berpikir Negative kepada siapapun, karna ini kejadian sudah menjadi takdir dan suratan Tuhan (Allah), perbanyaklah kita berdoa kepada Nya (Amin)

  27. Ini mungkin jalan dari tuhan yang maha esa,mungkin kodratnya sudah harus seperti ini,kita doakan saja semoga amal ibadahnya diterima di sisi tuhan yang maha esa.

  28. Wallahu alam… berhub sudh terjadi, jgn mencari kambinghitam,dll… mari kita doakan mereka ygtelah mjd korban. Smg ditrm disisiNya… (dunia maya itu kejam).. be smart guys!

  29. tapi tgl 15, 16 dan 17 des udh diberitain di BBC min, gmana t??
    trus korban udah ditemukan 3 hari setelah kejadian, tapi pesawatnya ga’ ketemu, secara logika dalam rentang 3 hari tidak akan jauhlah mayat terbawa ombak, msih bisalah terdeteksi radar atau pendeteksi logam, apalagi laut sekitar tempat penemuan mayat sudah ditelusuri lewat udara.

  30. Sebagai masyarakat pribumi kita juga harus kritis menyikapi persoalan yg ada, entah itu berbau konspirasi,kepentingan, atau isu DLL..
    Sekedar mengingatkan bahwa didasar laut kalimantan itu banyak potensinya, mgkin saudara bisa mencari tau-red…
    Klo ga salah dlu saya pernah baca koran atau artikel, kalo gelombang denyut(alat untuk mencari sumber minyak dibawah laut) bisa melihat apa yg ada didalam perut bumi, sma cara logika, dibawah ratusan dibawah laut saja bisa dilacak apa lagi airasia yg cma berapa puluh, teknologi udah cangih jaman skrng, klo untuk mencari pesawat terbang yg lumayan besar aja blm ketemu2.. Dg alasan apapun…
    Jagan2 ada maksud lain dri semua itu,???
    Maaf gan cuma numpang kritis, bkn profokasi, secara saya jg anak indo, ga rela klo hasil bumi indo dikeruk oleh orng lain…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.