Komet Lovejoy Bisa Mulai Dilihat Malam Nanti

  • Share

Di luar angkasa sana banyak sekali benda-benda langit yang menakjubkan yang dapat terlihat dari bumi. Salah satunya adalah Komet. Komet adalah benda langit berekor yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong atau Parabolis atau Hiperbolis. Komet akan terlihat dari bumi dalam kurun waktu tertentu.

Pertengahan Januari ini dikabarkan akan ada sebuah komet yang akan terlihat melintasi bumi. Komet tersebut bernama komet Lovejoy. Dan dikabarkan komet tersebut bisa terlihat di Indonesia.

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) komet Lovejoy yang akan mulai terlihat malam nanti dan bisa dinikmati dengan mata telanjang. Meski begitu, kalau ingin melihat lebih jelas disarankan untuk menggunakan teleskop.

shutterstock_219375121

 

image via Shutterstock

Komet Q2 Lovejoy sendiri  awalnya ditemukan oleh Terry Lovejoy pada 17 Agustus 2014 kemarin. Ini merupakan komet kelima yang ditemukan oleh  seorang ahli teknologi informasi sekaligus astronom pemula asal Australia ini.

Lovejoy, menurut Lapan, akan  bisa mulai terlihat sekitar pukul 19.00 WIB sampai 20.00 WIB di arah timur laut. Komet ini hampir bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia. Asalkan tidak hujan, dan langit cerah.

Buat kamu yang pengen menikmati Lovejoy, kamu bisa pergi ke tempat-tempat tinggi ataupun area cukup luas seperti lapangan. Namun agar terlihat lebih jelas, disarankan untuk menjauh dari tempat keramaian agar terhindar dari distorsi cahaya.

Pihak Lapan mengatakan komet Q2 Lovejoy bisa diamati dari Indonesia hingga tanggal 17 Januari esok dan akan semakin meredup dari Bumi di akhir bulan ini seiring menjauhnya dari matahari.

comet via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.