Harga BBM Resmi Turun, Berlaku Mulai Tanggal 19 Januari 2015

Cowok Lagi Isi Bensin

Setelah kemaren pada tanggal 15 Januari 2015 Presiden Jokowi mengumumkan akan rencana penurunan harga BBM (bahan bakar minyak), maka hari ini, Jumat 16 Januari 2015 pemerintah resmi mengumumkan tentang penurunan harga BBM.

Harga BBM yang turun adalah jenis premium dan juga solar. Mengingat jenis premium dan solar banyak sekali yang menggunakannya, maka kabar ini tentu aja merupakan kabar gembira di tengah melambungnya harga sejumlah barang.

Presiden Republik Indonesia, Jokowi, dalam jumpa pers hari ini di Istana Kepresidenan Jakarta menyatakan bahwa mulai hari senin nanti tanggal 19 Januari 2015 mulai pukul 00.00 WIB harga BBM jenis premium turun menjadi Rp 6.600,- per liter. Sedangkan BBM jenis solar akan turun menjadi Rp 6.400,- per liter.

SPBU
SPBU

Harga baru BBM jenis premium tersebut hampir sama dengan rencana harga yang kemarin disebutkan oleh Presiden Jokowi, yaitu berkisar antara Rp 6.400,- sampai Rp 6.500,-. Walaupun lebih mahal sedikit dari rencana awal, tapi tetap aja dengan turunnya harga premium akan sangat membantu masyarakat untuk melakukan penghematan.

Harga baru tersebut juga disebutkan sudah sesuai dengan harga pasar. Dimana perhitungan harga BBM baru tersebut berdasarkan pada MOPS sebesar $73 per barrel dan kurs Rupiah terhadap Dollar yaitu Rp 12.380,- per dollar AS (periode 25 November – 24 Desember 2014).

Untuk informasi aja nih gais, harga premium dan solar tersebut masih akan terus dievaluasi oleh pemerintah. Dimana sebelumnya evaluasi dilakukan setiap satu bulan sekali, maka untuk saat ini dan seterusnya akan dievaluasi setiap dua minggu sekali.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan bahwa pihaknya akan mengubah Peraturan Menteri ESDM Nomor 39 Tahun 2014, dimana Peraturan Menteri tersebut mengatur tentang evaluasi harga BBM setiap sebulan sekali.

Semoga aja dengan turunnya harga premium dan solar juga diikuti dengan penurunan harga barang dan jasa ya gais, biar bisa makin hemat gitu.

Gambar: Cowok Lagi Isi Bensin via Shutterstock

Responses (2)

  1. BBM naik, harga kebutuhan pokok pun ikut naik…..cem…cem…cem…….!!!

    Jika BBM turun, harga kebutuhan pokok pun di haruskan turun……………….

    Trimakasih buat pemerintahan di mana harga BBM tlah di turunkan………………………………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.