Tips Membuat Mata Sehat dan Mempertajam Penghilatan

  • Share
Dua Cewek Lagi Mengompres Mata Pakai Mentimun
Dua Cewek Lagi Mengompres Mata Pakai Mentimun

Seharian beraktifitas tentu badan kita merasa capek ya gais. Bukan hanya badan aja, namun mata juga pasti capek karena dalam sehari bisa menatap suatu obyek tertentu. Misalnya aja menatap layar komputer, handphone, tablet, tivi,dan obyek yang lainnya.

Disadari atau tidak, mata kita pasti mengalami capek dan terkadang kalau mata udah capek maka terkadang bisa membuat penglihatan jadi kabur alias gak jelas. Oleh karena itulah mata kita perlu diistirahatkan barang sejenak gais.

Dan pada kesempatan kali ini, akan kami coba berikan beberapa tips sederhana yang bisa kalian lakukan guna meningkatkan penglihatan pada mata. Monggo disimak apa aja tipsnya.

Mata Sehat
Mata Sehat

1. Mata dibikin rileks

Mata kita pastinya sangat capek gais, karena dari bangun bobok sampai mau bobok lagi melek terus. Karena itu sebisa mungkin mata kita harus diistirahatkan. Kalian bisa menggosok kedua telapak tangan beberapa waktu sampai hangat, lalu tempelkan dimata kalian, jangan lupa merem dulu loh ya gais. Sebisa mungkin mata harus dibikin rileks.

2. Menjaga kelembaban mata

Salah satu hal yang terpenting bagi kesehatan mata adalah menjaganya agar tetap lembab. Kalau seandainya aja mata menjadi kering maka bisa membuat mata menjadi sakit, gatal, dan juga merah, kalau udah kayak gitu kan bisa mengganggu penglihatan ya gais. Ada cara yang mudah agar mata tetap terjaga kelembabannya, yaitu mata dikedip-kedipkan terus menerus selama beberapa waktu.

3. Olahraga mata

Gak hanya otot tubuh yang butuh olahraga, otot mata juga butuh olahraga gais. Caranya adalah dengan menerapkan latihan 20/20/20. Yaitu setiap dua puluh menit fokuskan mata pada obyek tertentu selama dua puluh detik dengan jarak sejauh 20 meter dari mata. Lakukan olahraga otot mata ini sesering mungkin gais.

4. Mengurangi kecerahan layar

Kalau layar komputer atau handphone kalian terlalu cerah, coba dikurangi tingkat kecerahannya gais. Soalnya kalau layarnya terlalu cerah nanti mata kalian akan mudah capek, karena harus menangkap cahaya yang terlalu terang dalam jangka waktu yang lama. Tapi jangan juga terlalu redup, karena kalau layarnya terlalu redup juga bisa menyulitkan kalian dalam membaca teks.

5. Meningkatkan fleksibilitas

Mata juga bisa dilatih fleksibilitasnya gais, caranya juga mudah kok, yaitu putarlah bola mata sekitar lima kali dalam beberapa interval. Dengan begitu penglihatan mata akan bisa menjadi lebih baik

6. Istirahat kecil

Mata yang terlalu lama menatap layar, baik itu layar komputer atau layar barang elektronik lainnya akan tidak baik untuk kesehatan mata itu sendiri. Oleh karena itu sebisa mungkin istirahatkan mata, cukup dengan menutup mata selama sepuluh detik dan buat mata serileks mungkin. Bisa dilakukan setiap 2 jam sekali gais biar mata kalian tidak terlalu capek.

7. Hindari dari paparan langsung sinar UV

Ini berlaku kalau kalian lagi berada di luar ruangan dan kondisi matahari lagi terang benderang. Kalau bisa pakai aja kacamata hitam yang ada anti UVnya, biar mata tidak terkena paparan sinar UV secara langsung.

8. Beri gizi pada mata

Sudah bukan merupakan rahasia umum lagi kalau wortel sangatlah baik untuk mata. Tapi selain wortel kalian juga bisa mengkonsumsi blueberry dan apricot yang kaya akan beta-karoten yang tinggi.

9. Hindari memakai lensa terlalu lama

Kalian yang terlalu sering memakai lensa kontak nampaknya harus mengurangi kebiasaan kalian tersebut gais. Paling lama memakai lensa kontak jangan sampai lebih dari 19 jam dalam sehari, kalau terlalu lama nanti mata kalian bisa rusak. Bersihkan juga lensa kontak secara teratur.

10. Pakai Mentimun

Mentimum selain enak buat dimakan, ternyata bisa juga dipakai untuk kesehatan mata. Caranya cukup iris mentimun secara tipis dan tempelkan di atas kelopak mata, jangan lupa merem loh ya gais. Mentimun mengandung asam askorbat dan asam caffeic yang bisa berguna untuk mencegah retensi air.

Berikut beberapa tips yang bisa kami berikan buat kalian sobat NGONOO yang berbahagia, semoga bisa bermanfaat gais. Tetap semangat dan tetap sehat ya.

Gambar: Dua Cewek Lagi Ngompres Mata Pakai Mentimun via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.