Presiden Termiskin Ini Memberi Tumpangan Kepada Warganya

  • Share

NGONOO.com – Seorang Presiden biasanya identik dengan segala sesuatunya yang mewah dan tentu dengan pengamanannya yang super ketat. Namun ada yang berbeda dengan presiden yang satu ini. Presiden Uruguay, Jose Mujica.

Selama ini Jose Mujica dikenal dengan julukan presiden termiskin di dunia. Presiden Mujica dan istrinya memang dikenal dengan gaya hidupnya yang sangat sederhana. Dibandingkan harus tinggal di istana kepresidenan, dia dan istrinya memilih tetap tinggal di rumah pertaniannya yang sederhana. Mujica bahkan mendonasikan sebagian besar gaji bulanannya sebagai presiden untuk organisasi amal yang mengurus para tunawisma.

Selain dikenal sebagai sosok yang sederhana, Mujica juga dikenal sebagai seorang yang murah hati. Beberapa waktu yang lalu Mujica memberikan tumpangan kendaraan kepada salah seorang warganya. Diketahui, warga tersebut adalah seorang pria yang bernama Gerhald Acosta. Dia baru saja diberhentikan dari tempat kerjanya di sebuah pabrik kertas di Montes del Plata. Dan pada saat Acosta sedang berjalan kaki untuk pulang menuju rumahnya, ada sebuah mobil berhenti di sampingnya dan menawarkan tumpangan.

mobil presiden uruguay jose mojicaMobil Presiden Jose Mujica / image via telegraph.co.uk

Acosta merasa terkejut mengetahui orang yang menawarkan tumpangan itu adalah Presiden Jose Mujica dan istrinya, Lucia Topolansky. Acosta pun diberi tumpangan sampai rumahnya. Kendaraan yang digunakan Mujica bukanlah mobil kepresidenan yang mewah, tetapi sebuah mobil VW Beetle berwarna biru keluaran tahun 1987.

Mujica menjabat sebagai presiden Uruguay pada tahun 2010 lalu. Dan Awal tahun ini, Mujica memperkirakan total kekayaan yang dimilikinya hanya sebanyak 322.883 dollar atau sekitar Rp 4 miliar, sangat sedikit untuk seseorang yang berpredikat sebagai presiden.

Dalam suatu wawancara dengan Al Jazeera, Mujica pernah mengatakan “Presiden adalah seorang pelayan rakyat. Saya pikir gaya hidup ideal seorang presiden adalah hidup seperti kebanyakan rakyat yang diwakili dan dilayaninya,”

Wuiiih, salut deh buat Pak Mujica 🙂

Poor Rich via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.