Ini Dia Tomat Terbesar Di Dunia

  • Share

NGONOO.com – Ngomongin soal tomat, biasanya yang kita temui rata-rata hanya berukuran sebesar kepalan tangan. Namun di dunia ini ternyata ada tomat berukuran besar, dengan diameter 25 dan berat mencapai 1,3 kilogram. wow!

Tomat raksasa ini diberi nama Gigantomo. Tanaman tomat ini bisa tumbuh sampai dengan 2 meter dan dapat menghasilkan 11 buah tomat dalam satu pohonnya. Namun tanaman ini memerlukan penyangga agar pohonnya tidak jatuh karena berat dari buah yang dihasilkannya.

tomat raksasa 1image via dailymail

Varietas tomat terbaru ini merupakan hasil dari riset bertahun-tahun ahli tanaman Inggris dan Amerika Serikat. Simon Crawford, salah satu pakar tanaman Inggris, diminta menyelesaikan tugas Paul Thomas asal Amerika, yang telah 15 tahun mencoba mengembangbiakkan tanaman tomat raksasa dengan rasa enak.

Namun sayangnya Thomas meninggal dunia sebelum hasil jerih payahnya dapat dijual ke pasar. Namun Crawford berhasil menyempurnakan program Thomas, dan memastikan menyediakan bibit Gigantomo untuk dijual secara komersil.

Dan sekarang bibit tomat ini pun sudah dijual untuk masyarakat umum. Namun bibit Gigantomo hanya bisa dibeli dari Van Meuwen, penjual bibit tanaman di Lincolnshire, Inggris. Perusaaan ini pun mengadakan sayembara untuk siapa saja yang berhasil menumbuhkan Gigantomo lebih dari rekor yang pernah ada, yaitu lebih dari 3 kg akan diberikan hadiah sebesar £5,000 atau sekitar 71 juta rupiah.

Gimana gaes tertarik menanam tomat raksasa ini? Selain tomatnya bisa dipake buat ngejus atau nyambel sepuasnya, kan siapa tau bisa  menangin hadiahnya juga :3

tomat via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.