Pria Normal Ini Tak Sadar Kalau Punya Rahim Dan Mengalami Menstruasi

  • Share

NGONOO.com – Rob (bukan nama sebenarnya), seorang pria pengusaha asal Lancashire belum lama ini merasa terkejut dengan keadaan yang dialaminya. Awalnya karena merasa takut mengidap kanker kandung kemih, Rob pun menjalani pemeriksaan di rumah sakit.

Dan hal yang membuatnya terkejut adalah ketika dokter di rumah sakit tempatnya periksa mengatakan bahwa Rob memiliki organ reproduksi perempuan yang lengkap. Rob ternyata terlahir dengan organ rahim yang bisa berfungsi.

shutterstock_224588116Ilustrasi via Shutterstock

Awalnya dokter curiga Rob terkena kanker kandung kemih, tetapi hasil biopsi menyatakan negatif. Rob pun diminta untuk melakukan scan MRI, di mana akhirnya terungkap bahwa ia memiliki rahim, ovarium, bahkan leher rahim yang berfungsi normal. Karena memiliki ovarium, Rob bisa menghasilkan sel telur. Adanya rahim juga memungkinnya Rob bisa hamil dan memiliki bayi.

Menurut dokter, Rob mengalami kondisi langka yang disebut persistent Müllerian duct syndrome (PMDS). Hal ini menyebabkan seorang laki-laki terlahir dengan alat kelamin laki-laki, tapi punya organ reproduksi internal perempuan. Sebagian besar kasus terdiagnosis saat lahir atau pubertas, meskipun beberapa pengidapnya juga mengalami differences of sex development (DSD) di semua usia.

Setelah mendengar diagnosis dokter, lelaki berusia 37 tahun itu baru menyadari gejala-gejala aneh yang terjadi padanya selama ini. Ketika berusia enam bulan, ia sudah menjalani operasi karena testisnya tidak turun. Dan ketika berusia 18 tahun, Rob mulai menyadari adanya darah dalam urine. Tapi kondisinya tidak terdeteksi meskipun ia sudah mengalami beberapa kali pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter.

Rob, yang kini sedang menjalin hubungan dengan seorang perempuan mengaku terkejut sekaligus lega karena ia tahu kondisi yang dialaminya selama ini bisa diobati. Rob pun akan menjalani histerektomi (operasi pengangkatan rahim) dalam beberapa minggu ke depan.

 

ngintip via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.