Di Negara Ini Kamu Bisa Potong Rambut Pakai Besi Panas Lho

  • Share

NGONOO.com – Yang namanya potong rambut pastinya menggunakan gunting maupun benda-benda tajam semisal pisau ya gaes. Tapi gimana kalau ada tempat potong rambut yang menggunakan besi panas sebagai alat untuk memotong rambut? Duh trus gimana jadinya ya šŸ˜®

Tempat potong seperti itu ternyata benar-benar ada di Tiongkok gaes. Beberapa tempat potongĀ rambut tradisional asal Tiongkok ternyata masih menggunakan teknik memotong rambut dengan penjepit besi panas yang disebut dengan teknik`Dahoujia`. Salah satunya adalah tempat potong rambut milikĀ Wang Weibu (72), seorang penata rambut di Jinshi, Provinsi Sichuan, Tiongkok.

potong rambut  pakai besi panasimage via odditycentral

Wang Weibu memulai pekerjaannya dengan memanaskan penjepit besi di tungku api kayu hingga besinya memerah, lalu mendinginkannya dengan menggunakan air. Ia pun mulai memotong rambut hingga panjang yang diinginkan dengan gunting terlebih dahulu. Kemudian, ia menjepit dan menelusuri logam panas ke sisa-sisa rambut untuk merapikannya.

potong rambut pake besi panas2image via odditycentral

Teknik Dahoujia sendiri dulunya cukup populer di Tiongkok. Kepopulerannya pun membuat teknik memangkas rambut ini menjadi salah satu tren fesyen di tahun 1980-an. Keunikan dari teknik ini adalah efek akhirnya yang menghasilkanĀ semacam perm atau sasak yang bagus dan bisa bertahan hingga sekitar tiga bulan.

potong rambut pakai besi panasimage via odditycentral

Namun, seiring perkembangan jaman dan munculnya berbagai teknik potong rambut yang lebih modern banyak orang mulai meninggalkan Dahoujia, terutama karena bau rambut terbakar yang melekat seusai memakai teknik tersebut. Sehingga tidak banyak pelanggan dari kalangan muda yang datang, pelanggannya pun adalah para pecinta Dahoujia maupun orang-orang tua yang masih menjadi pelanggan setia potong rambut dengan teknikĀ Dahoujia.

potong rambut via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.