Siap-Siap! GNOME.Asia Summit 2015 Akan Diadakan Di Indonesia Loh

  • Share

NGONOO.com – Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang internasional nih bero, yaitu GNOME.Asia Summit. Mungkin ada dari pembaca NGONOO yang masih bertanya-tanya apa to yang namanya GNOME.Asia Summit tuh. Nah daripada penasaran yuk kita bahas barengan aja.

GNOME merupakan salah satu desktop manager (desktop environment) di Linux, bagi kamu yang pakai Linux pasti tau lah. GNOME sendiri punya bermacam-macam aplikasi bebas dan berkode sumber terbuka (FOSS). Selain itu, GNOME merupakan salah satu  desktop manager yang tertua loh bero.

Nah untuk konferensi utama GNOME di kawasan Asia biasa disebut juga dengan GNOME.Asia Summit, dan GNOME ini menyatukan beberapa pihak terkait loh bero, misalnya aja para pengembang, anggota masyarakat, profesional bisnis, mahasiswa, dan tentunya pejabat pemerintah. Mereka duduk bersama untuk berkontribusi dalam proyek GNOME.

GNOME.Asia Summit sendiri pernah diadakan di Beijing, China, yaitu pada tahun 2008 dan di HoChiMinh City. Pada tahun 2009 diselenggarakan di Vietnam, tahun 2010 diadakan di Taiwan, tahun 2011 diadakan di Bangalore, India. Selanjutnya untuk tahun 2012 diadakan di Hongkong, tahun 2013 diadakan di Seoul, Korea Selatan, dan pada tahun 2014 kembali lagi diadakan di Beijing, China.

Untuk GNOME tahun 2014 yang diadakan di China bisa dibilang acara tersebut sangat sukses bero. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya peminat dari acara ini, yaitu menarik sebanyak 355 pengguna, pengembang, profesional bisnis, media, siswa, dan juga pejabat pemerintah. Selain itu terdapat pula 50 pembicara dari seluruh dunia. Dengan kesuksesan tersebut, maka akan bisa dijadikan patokan agar GNOME.Asia Summit yang diselenggerakan di Indonesia pada tahun 2015 ini bisa mengulang kesuksesan pada tahun 2014 tersebut.

Untuk tahun ini, GNOME.Asia Summit merupakan acara kedelapan yang pernah diselenggarakan bero. Lantas di mana ya acara ini akan diadakan? GNOME Asia Summit 2015 akan diadakan di kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Acara tersebut akan berlangsung pada tanggal 8-9 Mei 2015 di Balairung kampus UI Depok.

2015.gnome.asia_logo

Siapa sih penyelenggara acara ini? GNOME.Asia Summit tahun ini diselenggarakan oleh GLiB (GNU/Linux Bogor) dan bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

GLiB sendiri merupakan komunitas masyarakat Bogor dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunitas (TIK) yang mempunyai fokus utama di bidang pemanfaatan dan pemberdayaan sistem operasi GNU/Linux dan piranti lunak merdeka serta sumber terbuka (free & open source software, FLOSS).

Nah terus apa aja ya yang akan ada dalam acara ini? Banyak bero acaranya. GNOME.Asia Summit 2015 akan diisi dengan konferensi utama dari beberapa keynote speakers. Selain itu, akan diselenggarakan workshop juga buat para praktisi yang pastinya akan sangat berguna.

Untuk tahun ini, GNOME menargetkan pengunjung sebanyak 500 orang, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, serta diharapkan terdiri dari berbagai kalangan, pelajar, mahasiswa, pelaku IT, dan juga dari pihak pemerintah. Dalam acara ini nanti akan ada juga pameran IT yang diikuti oleh lebih dari 20 startup/perusahaan.

GNOME.Asia Summit tahun ini juga memberikan kesempatan buat kamu yang ingin jadi pembicara dalam acara tersebut bero. Beberapa topik utama yang akan dibahas adalah sebagai berikut, namun tidak terbatas hanya pada:

Cara mempromosikan/berkontribusi dalam GNOME.Asia Summit

– Pemasaran GNOME

– Promosi open source software

– Bagaimana menjalankan komunitas pengguna GNOME lokal

– Kisah sukses dari proyek GNOME Asia maupun lokal

– Hubungan antara GNOME dengan pendidikan

– Program outreach GNOME untuk perempuan

– Google Summer of Code

Hacking GNOME

– Perkembangan terbaru apa saja yang ada di GNOME

– GNOME 3 dan GNOME 3 Usability

– GNOME Human Technic Interface (ikon dan desain grafis)

– QA dan Pengujian di GNOME

– Aksesibilitas GNOME

– GNOME Coding How-to

– Menulis aplikasi untuk GNOME 3

– Integrasi hidup web ke desktop

Adaptasi GNOME untuk jenis perangkat baru

– Mengembangkan GNOME pada perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet

– Mengembangkan GNOME pada embedded system atau perangkat keras open source

– Pengaplikasian GNOME pada proyek yang sedang berjalan dan kisah suksesnya

– Mencari Free dan Open Source produsen hardware yang ramah

Untuk topik yang lainnya bisa mencakup topik yang berhubungan dengan Free and Open Source Software yang tidak tercangkup di atas. Misalnya aja nih Small Board, Open Hardware, Open Data, Big Data, Cloud Computing, dan Mobile Technology.

Jika kamu tertarik untuk menjadi pembicara dalam GNOME.Asia Summit tersebut, kalian juga harus memperhatikan hal ini bero, yaitu presentasi ringan selama 5 menit yang menjelaskan apa pekerjaan kalian, atau bisa juga mempresentasikan topik yang dianggap menarik.

Silakan mengisi formulir terlebih dahulu sebelum tanggal 15 Maret 2015, monggo klik aja link ini. Namun pembukaan pendaftaran ini baru dibuka mulai awal bulan Maret bero, jadi kalian silahkan pantau terus web tersebut. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi [email protected]

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.