ASUS Zenfone Max Pro M2

Tak Ingin iOS 8 Dianggap Rentan, Apple Hapus Aplikasi Anti Virus dari App Store

Arya Hanya | Teknologi | 21 Mar, 2015

NGONOO.com – Anti Virus, selama ini kita kenal sebagai sebuah software yang berguna untuk memindai atau scan virus, repair, atau menghapus virus yang masuk ke perangkat kita. Artinya program tersebut membantu pengguna agar terbebas dari virus yang bisa menyerang sebuah perangkat. Khususnya untuk produk Apple, nampaknya hal itu menjadi masalah tersendiri.

iOS malware

ilustrasi : iOS Malware

Gambar : ilustrasi iOS Malware Via Kapersky

Apple tidak menyukai pesan yang terdapat dalam sebuah anti virus, yang secara otomatis mengindikasikan bahwa sistem yang dibuatnya kurang aman, sehingga membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mengamankan device yang kita gunakan.

Raksasa Cupertino dikabarkan mulai menghapus anti-virus dan anti-malware dari App Store mereka. Setidaknya, sudah ada Intego yaitu developer dari VirusBarrier, seperti dikutip dari PhoneArena (20/3/15). Dilaporkan, Apple menghapus aplikasi VirusBarrier yang kemungkinan karena adanya deskripsi yang membingungkan atau menyesatkan. Tetapi ketika pihak Intigo mencoba kembali mengunggah aplikasi mereka dengan deskripsi yang lebih jelas, juga diblok.

Menurut Intego, hal itu sudah terjadi juga untuk beberapa perusahaan penyedia layanan anti virus di App Store. Kemunginan, Apple tidak menginginkan kesan bahwa iOS 8 begitu rentan terhadap virus dan mudah di eksploitasi oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. Sementara Intego sendiri, yang membuat VirusBarrier menyatakan bahwa aplikasi mereka bertujuan untuk memindai email, dan file yang berada di cloud, bukan iOS atau sistem yang terdapat pada perangkat seperti iPhone dan iPad.

Untuk yang sudah menginstall VirusBarrier, aplikasi tersebut tetap bisa digunakan. Kecuali jika dihapus atau melakukan reset.

Sejauh ini, untuk perangkat iOS non-jailbroken memang belum ada laporan yang mengindikasikan perangkat tersebut terkena infeksi virus atau malware, selama mereka selalu mendownload aplikasi dari App Store. Karena, beberapa waktu lalu tersiar kabar bahwa ada virus yang menembus sistem keamanan iOS dimana perangkat tersebut adalah non-jailbroken (tidak dijailbrake). Tetapi, infeksi tersebut dikarenakan pengguna melakukan installasi aplikasi dari pihak ketiga, atau penyedia aplikasi yang tidak resmi.

Kamu install anti virus di iOS mu?

Gambar : icon Apple App Store Via ShutterStock