Kamu Suka Durian? Ini Tips Bagaimana Memilih Durian Yang Bagus

Cowok Lagi Milih Duren
Cowok Lagi Milih Duren

NGONOO.comĀ – Kali ini kita akan ngomongin soal makanan bero, atau lebih tepatnya buah durian atau banyak juga yang bilang duren. Apapun sebutannya, buah ini terkadang dibenci, namun sekaligus juga dicintai.

Kenapa bisa begitu ya bero? Ya maklumlah, semua hal yang ada di dunia ini pasti ada yang menyukai sekaligus juga membenci, termasuk duren ini bero salah satunya. Menurut penuturan teman-teman yang gak suka sama duren, alasan mereka gak suka sama buah yang satu ini lantaran baunya yang menyengat, sekaligus rasanya yang bisa dibilang “keras”. Padahal kan duren enak banget ya bero?

Duren Enak
Duren Enak

Nah jika mereka yang suka sama duren, alasannya ya apalagi kalau bukan baunya yang harum dan rasa buahnya yang enak. Selain itu duren kan termasuk buah musiman, jadi setiap musim duren pasti langsung diburu, ibarat memburu harta karun gitu.

Saya pribadi sangat suka makan duren, dan mumpung kali ini lagi musim duren maka kita akan membahas soal duren. Yang akan kita bahas kali ini adalah tips bagaimana memilih duren yang bagus, dalam artian yang rasanya enak dan buahnya tidak busuk.

Duren Enak
Duren Enak

Memilih duren tu susah-susah gampang bero, pokoknya kayak memilih pasangan hiduplah. Bahkan penjualnya sendiri juga terkadang bisa salah memilih. Makanya yuk kita bahas aja satu persatu bagaimana memilih duren yang bagus.

1. Pilih duren dengan bentuk yang utuh

Tips pertama yaitu perhatikan bentuk durennya bero, usahakan pilih durian yang bentuknya utuh. Soalnya kalau bentuknya tidak utuh nanti dagingnya juga tidak akan terisi penuh.

2. Perhatikan tangkainya

Duren yang bagus adalah duren yang masak pohon, atau matangnya di pohon. Hal itu bisa dilihat dari tangkainya bero, perhatikan aja tangkainya, jika tangkainya bergerigi maka duren itu jatuh dari pohon. Tapi jika tangkainya halus seperti bekas dipotong, itu berarti durennya belum mateng tapi udah dipetik. Selain itu coba congkel sedikit kulit tangkainya dengan kuku, jika kulitnya tebal berarti dagingnya juga tebal. Kalau tangkai bagian dalam berwarna kuning berarti daging buahnya juga berwarna kuning.

3. Pilih duren yang ringan

Kalau milih duren usahakan yang ringan bero, kalau kalian memilih duren yang berat bisa jadi duren tersebut masih mentah atau bisa juga isinya terlalu berair, bahkan bisa jadi udah busuk.

4. Guncangkan duren terlebih dahulu

Pertanda daging duren yang kering dan tebal bisa dilihat dengan cara mengguncang-guncangkan duren tersebut. Cari yang dalamnya udah berguncang-guncang bero, itu tandanya duren tersebut oke.

5. Pukul-pukul duren terlebih dahulu

Sebelum dibuka alangkah baiknya jika duren tersebut dipukul-pukul terlebih dahulu. Cari yang suaranya udah “bluk-bluk”, itu berarti duren tersebut udah matang. Kalau suaranya masih “plek-plek” itu berarti durennya masih mentah. Mukul-mukul durennya jangan pakai tangan bero, nanti atit. Coba aja pinjem pisau penjualnya, pasti dibolehin.

6. Perhatikan durinya

Ini juga tips memilih duren bero, coba kalian perhatikan duri kulit duren tersebut. Kalau durinya jarang-jarang dan besar itu berarti daging durennya kering dan padat. Kalau durinya berjarak dekat-dekat, itu berarti dagingnya basah.

7. Pilih duren yang terdiri dari 5 juring/kamar

Setiap buah duren pasti selalu terdapat juring/kamar-kamar. Nah kalau kalian kepengen isi durennya lebih banyak coba pilih aja yang berjuring 5, kalau yang berjuring 6 atau lebih biasanya isinya lebih sedikit.

8. Cium bau durennya

Duren yang bagus pasti baunya harum banget bero. Coba persiapkan hidung kalian dan dekatkan ke buah duren, lalu cium-cium duren tersebut, jika harum berarti duren tersebut udah matang. Kalau baunya kurang harum/menyengat berarti rasa buahnya hambar.

Duren Enak
Duren Enak

Sekian bero tips yang bisa kami berikan buat kalian para penggila duren. Selamat berpesta duren bero, tapi inget jangan sampai makan kebanyakan loh ya, nanti uang kalian bisa langsung habis cuma buat jajan duren.

Gambar: Cowok Lagi Milih Duren Enak via Shutterstock

Response (1)

  1. Entah mengapa, aku merasa ini artikel paling bermanfaat buatku selama menjadi pembaca setia Ngonoo sejak terbitnya.
    Salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.