6 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Pada Diri Kita

NGONOO.com –¬†Berpikir positif adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan jika kita Ingin bahagia. Kedengarannya sih memang gampang. Tapi butuh usaha dan komitmen untuk bisa selalu hidup positif dan tak terjebak dalam perasaan negatif.

Kita bisa saja mendapatkan hidup yang lebih baik. Toh, hidup juga hanya sekali, sayang sekali kalau kita mengisinya hanya dengan keluhan atau penyesalan. Nah, supaya bisa lebih bahagia, yuk kita coba cara menghilangkan pikiran negatif yang tidak perlu dan tak patut untuk disimpan berlarut-larut.

1. Fokus Pada Tujuan

focus_chart

Tujuan sudah ditetapkan. Tinggal bagaimana meraih tujuan itu dengan maksimal. Jika kita sudah bertekad untuk mencapai sesuatu, seberat apapun usaha dan perjuangan yang harus kita lalui, kita akan tetap bertahan. Sekalipun nanti gagal atau jatuh, kita masih bisa berpikir positif kalau kegagalan yang kita alami ini pasti akan terbayar saat kita sudah sampai di tujuan akhir kita.

2. Belajar Dari Pengalaman Orang Lain

Large group of students studying together in the classroom.

Teman dan sahabat bisa menjadi salah satu partner untuk sharing mengenai hal-hal yang belum kita ketahui. Mungkin diantara mereka ada yang memiliki pengalaman-pengalaman hidup yang unik dan perlu diketahui, disitulah kita belajar mendengarkan, berbagi dan memberi. Belajar dari pengalaman orang lain agar kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam melangkah.

3. Galaulah, Lalu Move On

move on

Galau tidak dilarang, yang dilarang itu Galau Akut (Galau secara terus-menerus) dan gak ada perubahan. Ada kalanya kita perlu menerima rasa negatif tersebut. Mencoba untuk menerimanya dan meleburnya ke dalam hati dan pikiran kita. Lalu ungkapkan kesedihan dan emosi yang kita rasakan. Setelah itu sudah, saatnya untuk melanjutkan hidup Anda. Untuk membuat hidup anda menjadi lebih baik dan berguna, kita perlu berdamai dengan perasaan kita sendiri.

4. Lakukanlah Hobi Yang Menyenangkan Dan Menghasilkan

hobby

Anda punya hobi? maka enjoy lah dengan hobi anda. Olahraga juga termasuk hobi, Apalagi hobi yang bisa menghasilkan. Itu bisa membuat kita selalu berpikir sehat dibarengi dengan badan yang sehat pula.

5. Selalu Bersyukur Dengan Apa Yang Sudah Allah Kasih

Be-Grateful

Ini adalah hal sederhana, namun dampaknya luar biasa. Di setiap helaan napas yang bisa kita rasakan, kita masih bisa merasakan hangatnya sinar matahari dan sejuknya hembusan angin, berterima kasihlah. Ketika pundak terasa begitu berat karena pikiran negatif terus mengendap, angkat kepala kita, tatap langit luas. Tarik napas dan hembuskan perlahan, maka perasaan Anda akan membaik.

6.Lakukanlah Aktifitas Sosial

Social-Activity

Realita Aktifitas Sosial jaman sekarang adalah menatap Smartphone dan berkomunikasi jarak jauh. Fine, Ini bisa mengobati rasa galau anda yang luar biasa hanya dalam waktu yang singkat. Jadi, lakukanlah kegiatan sosial yang positif. Seperti bertemu langsung dengan orang-orang, saling bertukar informasi dan masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan jika kita berhubungan langsung dengan orang banyak.

 

Gambar: Timbangan Orang via Shutterstock

Response (1)

  1. Tadinya saya hanya melihat postingan di medsos. Hampir isinya mengeluh, menyesal, kecewa, berkata tidak baik, seolah di medsos tempat bicara se-bebas-bebasnya, karena belum dilarang….baru dihimbau, tidak ditindak… Akhirnya saya mengajak yang mau, untuk membunuh pikiran-pikiransan negatip….
    menjadi sebaliknya.
    Akhirnya ketemu tulisan ini….ternyata ada tip2 nya,
    Internet luar biasa, internet gudangnya ilmu, membaca adalah kuncinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.